Pemkab Pelalawan Alokasikan Dana Bantuan Perjalanan Domestik JCH Menuju Batam

Pemkab Pelalawan Alokasikan Dana Bantuan Perjalanan Domestik JCH Menuju Batam
Atmonadi

PANGAKALANKERINCI (RIAUSKY.COM)- Pemerintah Kabupaten Pelalawan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 493.200.000 untuk membantu ongkos perjalanan domistik para jemaah calon haji (JCH) asal kabupaten Pelalawan  tahun ini.

Demikian disampaikan Asisten Administrasi Bidang Pembangunan Setdakab Pelalawan Drs H Atmonadi MSi kepada wartawan, kemarin di ruang kerjanya.

Menurutnya, bantuan tersebut dianggarkan guna memperlancar keberangkatan sebanyak 274 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Pelalawan menuju Embarkasi Batam Kepulauan Riau.

Sedangkan dana tersebut digunakan untuk biaya transportasi, penginapan dan makan selama perjalanan menuju Embarkasi Batam. Dimana para JCH asal kabupaten Pelalawan akan berangkat dari jalur darat Pangkalan Kerinci menuju Pekanbaru. Kemudian, dari Pekanbaru menuju Batam menggunakan transportasi udara.

"Ya, Pemkab Pelalawan telah menyediakan bantuan ongkos perjalanan domestik sebanyak 274 JCH kabupaten Pelalawan dengan total sebesar Rp 493.200.000 melalui dana APBD Pelalawan tahun 2016. Dimana masing-masing JCH asal kabupaten Pelalawan akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 1.800.000. Sedangkan dana domestik ini dianggarkan melalui bagian ADM Kesra," terangnya.

Hanya saja, sambung mantan Kepala Dinas Pertanian Pelalawan ini, bahwa karena keterbatasan anggaran, maka dana yang telah dianggarkan tersebut tidak mampu membiaya secara keseluruhan biaya domistik para JCH. Hal ini diakibatkan adanya pemangkasan anggaran dana bagi hasil dari Pemerintah pusat.

"Jadi, dana yang telah dianggarkan ini tidak bisa membantu biaya keseluruhan ongkos perjalanan domestik para JCH menuju embarkasi Batam. Dimana ongkos domestik menuju Embarkasi Batam anggarannya sebesar Rp 945.300.000 atau sebesar Rp 3.450.000 bagi setiap JCH. Artinya, masih ada biaya kekurangan sebesar Rp 1.650.000 lagi yang harus dibebankan kepada setiap para JCH," ujarnya.

Ditambahkan mantan Kepala Disnakertrans Pelalawan ini, bahwa bantuan tersebut diberikan sebagai wujud kepedulian Pemerintah terhadap seluruh JCH kabupaten Pelalawan serta dalam upaya meringankan beban JCH yang akan melaksanakan ibadah ditanah suci Mekkah.

"Sedangkan pemberian bantuan atau subsidi ongkos perjalanan domistik para JCH ini telah tertuang pada peraturan daerah (Perda) atau telah ada payung hukumnya.  Untuk itu, kita berharap bantuan yang diberikan Pemkab Pelalawan ini dapat membantu meringankan biaya para jemaah haji dalam hal trasportasi domestik," jelasnya.

Masih menurut H Atmonadi, kepada para JCH nantinya di tanah Suci agar dapat mendoakan masyarakat Kabupaten Pelalawan aman sejahtera, serta menjaga nama baik Kabupaten Pelalawan dan selalu menjaga kekompakan.

Sedangkan untuk informasi keberangkatan JCH dari Pangkalan Kerinci menuju Pekanbaru direncanakan pada tanggal 15 Agustus mendatang (via jalan darat,red). Dan dihari yang sama menuju Batam, via udara.

Selajutnya, sambungnya, untuk tanggal 16 Agustus JCH akan bergerak dari embarkasi Batam menuju Madinah, tutupnya seraya menyebutkan tanggal 29 Juli akan dilakukan pelepasan keberangkatan para JCH oleh Pemkab Pelalawan. (R11/re)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index