KABAR BURUK...Proyek Outer Ring Road Pemko Pekanbaru Terhenti?

KABAR BURUK...Proyek Outer Ring Road Pemko Pekanbaru Terhenti?
Zulkifli Harun
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Untuk menunjang akses jalur darat rencana besar Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam mewujudkan Pekanbaru Siak Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan) proyek jalan lingkar luar (outerringroad) telah dimulai pembangunannya tahun lalu.
 
Namun kabar buruk datang dari Pemko yang berkemungkinan besar akan menghentikan kelanjutan proyek pembangunan outer ring road yang ada. Alasannya, masih sama dengan proyek lainnya yakni, tak adanya anggaran akibat dampak rasionalisasi.
 
Di Pekanbaru sendiri saat ini ada empat titik lokasi pembangunan outer ring road. Yakni, Jalan Badak Lintas Timur yang panjangnya mencapai 3,6 km. Kemudian akses Jalan Okura Lintas Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 14,5 km.
 
Di sisi lain ada Lintas Timur arah Kampar panjangnya 4,2 km. Dan terakhir, Jalan Teluk Lembu menuju ke Kawasan Industri Tenayan (KIT) termasuk ke lokasi perkantoran baru Pemko Pekanbaru panjangnya 5,8 km.
 
Proyek-proyek ini dikerjakan sebagai proyek multiyears. Rata-rata sudah dikerjakan sebanyak 40 persen.
 
Pembangunan dan realisasi jalan lingkar luar adalah salah satu program strategis Pemko Pekanbaru.
 
Jalan ini merupakan keperluan yang harus ada untuk pembangunan berkelanjutan. Dengan jalan lingkar luar, akses kawasan Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan) akan menjadi lebih baik lagi.
 
Namun, asa agar ringroad ini segera mewujud tertunda. Rasionalisasi yang mempengaruhi keuangan Pemko Pekanbaru juga memberi dampak pada proyek ini.
 
"Belum bisa dikerjakan lagi. Sekarang uang kami tidak ada untuk membayarnya," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Pekanbaru Zulkifli Harun, Jum'at, 29 Juli 2016.
 
Pemko sudah menetapkan proses pembangunan empat ruas jalan lingkar luar dalam kurun dua tahun yakni tahun anggaran 2015 dan 2016. Untuk tahap pertama di tahun 2015 pengerjaannya dimulai dari proses konsolidasi tanah (KT) hingga pembukaan badan jalan dengan lebar yang ditentukan.
 
Dengan anggaran yang tidak mencukupi, dipastikan penyelesaian juga akan molor. ”Tunda bayar pasti. Semua, iya. Termasuk jalan perkantoran tunda bayar. Padahal itu sudah hampir selesai, nanti Agustus sudah diaspal, sudah ada median. Ya sekarang tunda dulu," tuturnya mengakhiri. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index