Ajak Bumikan Nilai Alquran, Bupati Siak Buka Musabaqah Tilawatil Quran Ke XVI Siak di Sungai Mandau

SUNGAIMANDAU (RIAUSKY.COM)- Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi dan Wakil Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi membuka secara resmi serangkaain kegiatan bersempena pelaksanaan MTQ ke XVI tingkat Kabupaten Siak di Kecamatan Sungai Mandau, Kamis, 14 Juli 2016.
 
Kegiatan MTQ dimulai dengan pelepasan rombongan pawai taaruf peserta dan kontingen MTQ yang diikuti 14 kecamatan se Kabupaten Siak yang langsung dilakukan oleh Bupati, Syamsuar. 
 
 
Dari pantauan, setidaknya, Pawai Taaruf ini  diikuti tak kurang dari 7.032 kafilah yang berasal dari 14 kecamatan serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Siak yang langsung ikut turun ke jalan untuk memeriahkan pawai taaruf yang mengambil rute di sepanjang Jalan Raya Sungai Mandau, Kampung Muara Kelantan.
 
 
Rombongan peserta pawai dilepas langsung Bupati Siak H Syamsuar didampingi Wakil Bupati Siak H Alfedri dan Ketua DPRD Siak Indra Gunawan,  kepala Dinas, Badan dan Camat di lingkungan Pemkab Siak.
 
Disebutkan bupati Syamsuar, MTQ merupakan ajang seleksi para qori dan qoriah untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Riau di Pekanbaru. Dia berharap Kabupaten Siak bisa masuk tiga besar pada helat provinsi nanti. 
 
Pada kesempatan itu, Bupati Syamsuar berharap pelaksanaan MTQ bisa memberikan implikasi langsung dalam kehidupan umat Islam di kabupaten Siak. 
 
Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengatakan, penerapan nilai-nilai ajaran Islam yang bersumber dari Alquran dan Sunnah menunjukkan komitmen selaku muslim terhadap urgensi syahadatain.
 
"Mari kita aplikasikan kandungan Alquran dan Sunnah Rasul ini sebagai bagian dari bentuk perenungan dari urgensi syahadatain," kata Syamsuar.
 
Dia menjelaskan, urgensi syahadatain bermakna suatu bentuk pengakuan mendalam terhadap Allah SWT sebagai Illah Yang Maha Tinggi dan mengakui Rasulullah SAW sebagai pembawa Islam risalah yang agung. "Pengakuan inilah yang membuat kita dengan sukarela melaksanakan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya," jelas Syamsuar.
 
Koordinator Pawai Taaruf Kadri Yafiz menjelaskan, jumlah peserta pawai yang ikut memeriahkan helat MTQ Kabupaten Siak kali ini tercatat sebanyak 7.032 orang.
 
"Kafilah terbanyak dari Kecamatan Tualang 1.500 orang, sementara tuan rumah Kecamatan Sungai Mandau 1.000 peserta," terangnya.
 
Usai pawai, sore harinya dilanjutkan dengan pembukaan stand bazar dan pameran yang dibuka Wakil Bupati Siak H Alfedri, pengguntinngan pita oleh Ketua TP PKK Kabupaten Siak Hj Misnarni Syamsuar bersama Hj Rasyidah Alfedri menjadi pertanda stand bazar resmi dibuka.
 
Wakil Bupati Alfedri menyampaikan lomba stand bazar yang diikuti seluruh pemerintah kecamatan dan SKPD se-Kabupaten Siak ini bertujuan untuk mempromosikan produk dan mensosialisasikan berbagai program unggulan pemerintah daerah yang dilaksanakan melalui masing-masing instansi.
 
Selain itu Wabup mengajak para pelaku usaha kecil menengah untuk memanfaatkan bazar MTQ untuk memasarkan produk masyarakat. "Bazar ini untuk mendorong kemajuan usaha kecil menengah untuk tumbuh besar, diharapkan para pelaku usaha bisa memanfaatkan bazar MTQ ini untuk memasarkan produk dan meningkatkan penghasilan," terang Alfedri.
 
Selain itu, Wabup menjelaskan beberapa rangkaian kegiatan yang digelar untuk memeriahkan helat MTQ ke XVI tingkat Kabupaten Siak, diantaranya lomba pawai dan mobil hias, lomba stand bazar serta sejumlah perlombaan lainnya.(R08/adv)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi saat meninau salah satu Stand pameran bersempena MTQ Kabupaten Siak di Sungai Mandau.

Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi dan Wakil Bupati Drs H Alfedri MSi  serta undangan saat menghadiri upacara pembukaanMTQ di Muara Kelantan Sungai Mandau.

Bupati Siak Syamsuar saat mendengarkan paparan dari panitia terkait pelaksanaan pameran bersempena MTQ.

Bupati Siak Syamsuar saat meninjuau salah satu stand.

Wakil Bupati Siak, Alfedri dan istri saat meninjau salah satu stand pameran.

Bupati Siak Syamsuar MSi saat melakukan pelepasan balon MTQ.

Bedug tanda dimulainya MTQ dipukul disaksikan pejabat daerah kabupaten Siak.

Peserta  pawai taaruf dari berbagai kecamatan dan satuan kerja ikut ambil bagian.

Wakil Bupati Siak Alfedri saat meninjau salah satu stand produk pertanian yang ikut ambil bagian pada MTQ di Sungai Mandau.