Bupati Irwan Lantik Pejabat Eselon III dan IV, Mardiansyah Jabat Plt Kabag Umum

SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Setelah hampir 5 Tahun menjabat sebagai Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid PMD) Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Kepulauan Meranti, kini Mardiansyah SSTP. MSi, dilantik dengan jabatan baru sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah (Setda) Kepulauan Meranti.
 
Mardiansyah, ditunjuk menggantikan T. Azman S. Sos MSi. Sementara T. Azman sendiri dilantik sebagai Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Selain Mardiansyah dan T. Azman, rotasi pejabat itu juga diikuti oleh 399 Pejabat Eselon III dan IV lainnya. Pelantikan 441 pejabat struktural Eselon III dan IV dilingkup Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Meranti, bertempat di halaman Afifa Futsal Jalan Banglas, Selatpanjang, Kamis (5/1/2017) pagi.
 
Usai pelantikan, Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi, dalam sambutannya mengatakan, rotasi jabatan ini adalah hal yang biasa di pemerintahan untuk peningkatan kinerja pelayanan terhadap masyarakat. Apalagi, di Kabupaten ini dibutuhkan orang-orang yang bisa memacu pembangunan.
 
Dikatakan Bupati, pelantikan yang dilakukan ini dalam rangka mengisi Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) baru sebagaimana dikeluarkan Undang Undang baru tentang Organisasi Perangkat Daerah No 23 Tahun 2014 dan PP 18 tahun 2016.
 
"Mudah-mudahan dengan rotasi ini, pegawai lebih responsif dalam membangun daerah. Pelantikan kali ini adalah pelantikan yang terbesar yang pernah dilaksanakan, sebanyak 441 dari 534 pejabat kita lantik hari ini, sisanya akan kita laksanakan minggu depan," katanya.
 
Bupati menjelaskan, komposisi eselon yang dilantik bisa saja berubah dalam 3 bulan kedepan. Karena assesment dan promosi jabatan sedang dipersiapkan. 
"Komposisi jabatan eselon bisa saja berubah, karena akan kembali ada pelantikan 3 bulan mendatang, masih ada pergerakan mutasi dan assesment serta promosi jabatan yang disiapkan. Untuk itu masih ada kesempatan untuk menduduki jabatan strategis, oleh karena itu mari tingkatkan kapasitas kinerja kompetensi, kualitas dan integritas serta loyalitas," ujarnya lagi.
 
Bupati juga menyebutkan, saat ini Kepulauan Meranti terjadi perampingan struktur organisasi yana mana sebelumnya eselon Il terdapat 33 jabatan saat ini tinggal 30 jabatan, eselon III yang awalnya ada 140 jabatan saat ini tinggal 133 jabatan, sedangkan eselon IV yang awalnya terdapat 534 jabatan saat ini tinggal 401 jabatan.
 
"Oleh karena terjadi perampingan, kami terpaksa mempensiunkan pejabat eselon 2 yang melakukan penambahan masa jabatan, dan sudah banyak juga pejabat yang nonjob karena yang jadi hak PNS itu adalah gaji, sedangkan jabatan adalah amanah yang diberikan. Pejabat yang kita nonjob kan adalah karena faktor usia dan yang tidak produktif lagi. Saat ini kompetensi semakin ketat, ini menjadi cambuk untuk kita agar lebih maju dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja," ungkapnya.
 
Bupati berharap, pejabat SOPD yang sudah dilantik untuk bekerja maksimal, mengingat strategi penggunaan anggaran dirubah dari tahun sebelumnya. 
 
"Kepada SOPD dan pejabat yang sudah dilantik, saya harapkan minggu depan sudah berjalan maksimal, bagi yang belum ada kantor segera lakukan koordinasi. Terhadap strategi penggunaan anggaran tahun ini harus dirubah mengingat tidak optimalnya distribusi anggaran dari pusat, dan 55 persen anggaran tidak terserap karena berkaitan dengan administrasi," tegas dia. (R16)

Mardiansyah, Plt Kabag Umum Pemkab Meranti saat dilantik oleh Bupati Meranti

Mardiansyah, Plt Kabag Umum Pemkab Meranti menandatangani berita acara pelantikan

Bupati Irwan saat memberikan ucapan selama kepada Mardiansyah, Plt Kabag Umum Pemkab Meranti yang didampingi isteri tercinta

Wakil Bupati Said Hasyim saat memberikan ucapan selama kepada Mardiansyah, Plt Kabag Umum Pemkab Meranti yang didampingi isteri tercinta

Mardiansyah, Plt Kabag Umum Pemkab Meranti

Mardiansyah, Plt Kabag Umum Pemkab Meranti bersama isteri

Mardiansyah, Plt Kabag Umum Pemkab Meranti bersama para pejabat lainnya saat  dilantik oleh Bupati

Mardiansyah, Plt Kabag Umum Pemkab Meranti bersama para pejabat lainnya yang dilantik

Mardiansyah, Plt Kabag Umum Pemkab Meranti saat bersama para pejabat lainnya pada acara pelantikan

Mardiansyah, Plt Kabag Umum Pemkab Meranti bersama para pejabat lainnya saat dilantik