Sempena Hari Jadi Kepulauan Meranti ke-9, FORMI Taja Beragam Lomba Permainan Trandisional Rakyat

Tanggal Galeri : Senin,25 Desember 2017

SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Kepulauan Meranti, Ahad (24/12/2017), bertempat di halaman gedung LAMR, menggelar serangkaian perlombaan permainan tradisional.

Disampaikan Ketua Panitia, Ramdan, perlombaan tersebut merupakan agenda tahunan sekaligus dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabuoaten Kepulauan Meranti yang ke-9.

"Lomba ini juga sebagai ajang menjalin silaturahmi bersama masyarakat. Terlebih lagi, peserta dari kalangan masyarakat yang diutus dari masing-masing kecamatan," ujar Ramdan.

Ketua FORMI Kepulauan Meranti, H Jaffar, dalam sambutannya mengatakan bahwa acara yang mereka gelar itu bertujuan untuk mengangkat dan memperkenalkan permainan tradisional masyarakat yang sudah ada sejak zaman kerajaan dulunya.

Adapun yang akan diperlombakan, sebut H Jaffar, seperti permainan rakyat congkak tingkat anak-anak, gobak sodor atau ibo ila, hadang atau dagong kategori putri tingkat SMA, egrang kategori putra SMA, terompah panjang kategori putra tingkat SMP, layang-layang, gasing, dan lain sebagainya.

"Dengan adanya iven seperti ini, mari kita terus melestarikan berbagai permainan tradisional masyarakat Meranti. Sehingga tidak telenggelam dengan majunya zaman," ajaknya.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, M Arif MN, mengapresiasi adanya lomba tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat baik, terutama bagi anak-anak agar bisa mengenal berbagai permainan tradisional.

"Permainan tradisional ini sebaiknya diperkenalkan juga kepada generasi dengan diterapkan di sekolah-sekolah yang ada di Meranti," saran Arif.

Hadir dalam acara itu, Anggota DPRD Edi Mashudi, Kasat Binmas Polres Kepulauan Meranti, Ketua MKA, Ketua MUI, serta sejumlah tokoh masyarakat. (R16)

Pengurus Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Kepulauan Meranti

Para tamu undangan saat lomba permainan tradisonal rakyat yang ditaja FORMI Kepulauan Meranti

Peserta antusias saat mengikuti lomba gasing yang digelar FORMI Kepulauan Meranti

Foto bersama

Peserta bersemangat mengikuti lomba bakiak

Penyerahan hadiah lomba

Penyerahan hadiah lomba

Penyerahan hadiah lomba

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99