Riausky

Riausky.com

Tak Bisa Andalkan Migas, Syamsuar Rajin Promosikan Pariwisata Siak, Ini Dia...

Tak Bisa Andalkan Migas, Syamsuar Rajin Promosikan Pariwisata Siak, Ini Dia...
Danau Zamrud, salah satu potensi wisata alam yang bisa ditawarkan Kabupaten Siak kepada dunia. 
SIAK (RIAUSKY.COM)- Minyak tak lagi menjanjikan. Karena itulah, terobosan untuk mengatasi kesulitan keuangan daerah adalah dengan mulai berpromosi untuk wisata.
 
Hal tersebut juga yang dilakukan Bupati Siak Syamsuar. Menyadari besarnya peluang industri pariwisata, dia pun tak henti-hentinya 'menjual' potensi wisata Siak kepada masyarakat luar. 
 
"Kita tak bisa menghandalkan Migas terus, karena kondisinya sudah tak menjanjikan lagi," kata Syamsuar, Selasa, 13 September 2016. 
 
Ia juga menyinggung terkait pengembangan wisata ini seperti karya seorang penulis besar Futurolog Alvin Toffler yang terkenal dengan buku Future Shock.  Penulis ini meluncurkan karya-karyanya yang mengupas mengenai revolusi digital, revolusi komunikasi, dan singularitas teknologi, yang tidak banyak bertentangan.
 
Dari beberapa bait kutipan buku tersebut kata Syam, gelombang peradaban manusia dibagi menjadi tiga. Diantaranya Gelombang I, Era Agriculture antara 800 SM sampai 1.500 M, era tersebut adalah era pertanian, perkebunan dan teknologi pertanian. Gelombang II, Era Manufacture (1.500–1970), gelombang ini melahirkan masyarakat industri, di era inilah lahirnya pabrik-pabrik, imperialism dan kolonialisme. Untuk Gelombang III, adalah era Teknologi Informasi (1970-2000), era ini yang sedang kita nikmati saat ini.
 
Di abad ke-21 ini, adalah era industri kreatif. Pariwisata berada disana, masuk dalam kategori industri kreatif.  Kedepan, industri pariwisata yang didukung oleh industri kreatif memiliki commercial value, akan menjadi primadona. 
 
Lalu jelas Syam, dalam konteks ini, pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam memajukan sektor pariwisata. Tidak hanya memanfaatkan objek yang ada, melainkan juga penambahan, serta menggiatkan iven-iven untuk menarik wisatawan.
 
Syamsuar tidak menampik bahwa industri pariwisata yang paling memberi harapan untuk masa depan negeri ini. Karena itu tidak salah, jika menempatkan pariwisata sebagai core business.
 
"Ini lah penyebabnya, Pemkab Siak terus gencar memajukan sektor pariwisata. Karena, hasil dan dampaknya sudah jelas," kata dia.
 
Syamsuar juga optimis, pariwisata Siak dapat lebih maju kedepannya. Karena pemerintah telah melengkapi dan membangun obyek-obyek dan pergerlaran iven yang menarik wisatawan untuk datang ke Siak.(R01/spc)

Ikuti kami di