Riausky

Riausky.com

Padamkan Sumsel dan jambi, Riau Aman

Ini Dia, Penyebab Asap di Riau tak Kunjung Hilang

Ini Dia, Penyebab Asap di Riau tak Kunjung Hilang
Asap tebal masih meliputi wilayah Pekanbaru. Foto : riausky.com 

 

PEKANBARU  (RIAUSKY.COM)- Komandan Satgas Penanggulangan Siaga Asap Riau, Brigjen TNI Nurendi, mengatakan sejumlah daerah di Provinsi Riau masih diselimuti kabut asap. Namun, menurutnya, asap itu tidak sepenuhnya berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Riau.
 
Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, pada hari ini hanya terdapat satu titik api di Riau yakni di Kabupaten Rohil. "Jadi, asap yang ada ini adalah kiriman dari Sumatera Selatan dan Jambi," kata Nurendi saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (8/9/2015).
 
Dia menerangkan, asap provinsi tetangga sampai ke Riau karena terbawa angin. "Berdasarkan dari arah mata angin yakni dari selatan ke utara. Artinya, asap dari Jambi dan Sumsel itu terbangnya ke Riau," terangnya.
 
Sehingga, menurut dia, jika kebakaran hutan di Jambi dan Sumsel belum teratasi, Riau akan terus dilanda asap. "Jadi, sektor hulunya harus diselesaikan dulu agar Riau bisa bebas asap," tambah Nurendi.
 
Sementara itu, timnya sudah memadamkan sejumlah titik di wilayah Riau. Khusus satgas darat, Nurendi yang juga Komandan Korem 031 Wirabima Pekanbaru, sudah memerintahkan timnya untuk tetap berada di titik api yang sudah dipadamkan.
 
"Karena di titik api yang berhasil dipadamankan asapnya banyak. Ini karena lahan di Riau adalah gambut, walau sudah dipadamkan, asap masih banyak. Jadi, tim darat saya perintahkan terus memantaunya karena sewaktu titik api bisa muncul lagi di titik api yang telah dipadamkan," pungkasnya. (R01/int)

Ikuti kami di