Riausky

Riausky.com

Promosi Wisata Riau, Disparekraf Riau Kembangkan Industri Kreatif Berbasis Animasi

Promosi Wisata Riau, Disparekraf Riau Kembangkan Industri Kreatif Berbasis Animasi
Fahmizal 
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekrap) terus melakukan berbagai upaya promosi untuk memperkenalkan destinasi wisata. 
 
Salah satunya yakni dengan melakukan pembinaan instruktur di bidang animasi yang merupakan sebagai salah satu sub sektor ekonomi kreatif.
 
Kegiatan pembinaan instruktur ekonomi kreatif dibidang animasi ini dilaksanakan di Pekanbaru dan Bandung pada 10-14 Oktober. Kegiatan ini menghadirkan pembicara lokal Nita Rimayanti dari akademisi komunikasi perfilman dan Welli Andrian ST selaku penggiat Animasi di Riau.
 
Sedangkan untuk praktisi nasional, disparekraf riau bekerja sama dengan Baros information tekhnologi and creative (BITC) dan Cimahi Creative Assosiation (CCA) sebagai narasumber dan laboratorium praktikum diikuti oleh pelaku animasi dari kabupaten/kota yang ada di dalam provinsi.
 
"Kita ingin melakukan terobosan baru dibidang IT sesuai dengan apa yang telah dicanangkan oleh Gubernur Riau, khususnya dalam mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif secara digital elektronik. Salah satunya dengan membina pelaku ekonomi kreatif di bidang animasi untuk menjadi instruktur, sehingga dapat menjadi motivator dan menghasilkan karya-karya animasi tentang pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di kabupaten kota di Riau" kata Kepala Disparekrap, Fahmizal Usman.
 
Menurutnya, bahwa prospek animasi di Indonesia mempunyai peluang yang besar untuk berkembang, karena animasi adalah informasi kreatif. Selain itu keberagaman dan kekayaan potensi wisata, budaya dan ekonomi kreatif yang ada di Riau merupakan potensi yang sangat besar untuk dipromosikan dan diangkat sebagai sebuah cerita animasi.
 
"Kami ingin merintis kemudian menstimulan sehingga tujuan dari pembinaan ini juga untuk menumbuhkan minat generasi muda untuk terjun kedunia animasi yang mampu menghasilkan sebuah peluang ekonomi kreatif baru yang dikerjakan secara profesional, sehingga masyarakat bisa menuangkan ide kreatif mereka ke tempat yang positif dan bahkan memberikan keuntungan bagi diri mereka dan orang lain,” ujar Fahmizal. (R03)

Ikuti kami di