Riausky

Riausky.com

Pesta Pantai Selat Baru Usai

Pj Bupati Undang Hadiri Mandi Syafar di Rupat Utara

Pj Bupati Undang Hadiri Mandi Syafar di Rupat Utara
 
 
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pj Bupati Ahmadsyah Harrofie mengundang masyarakat Kabupaten Bengkalis dan sekitarnya untuk beramai-ramai mengunjungi acara mandi Syafar di pantai Rupat Utara pada tanggal 3 Desember mendatang. Kegiatan mandi Syafar juga dikemas dengan berbagai kegiatan permainan rakyat.
 
"Saya mengundang seluruh lapisan masyarakat, mari kita ramaikan acara mandi Syafar di Rupat Utara tanggal 3 Desember mendatang, insyaaallah acaranya lebih ramai, lebih meriah dan pastinya kita juga dimanjakan dengan keindahan pantainya," ajak Ahmad Syah.
 
Tradisi Mandi Safar bagi masyarakat Pulau Rupat sendiri, sebenarnya sudah berlangsung turun-temurun. Tradisi ini bertujuan untuk menolak musibah. 
 
Tahun ini, kegiatan mandi Syafar akan dipusatkan di tepi pantai Rupat Utara yang berpasir putih. Selain menjadi rituah tahunan bagi masyarakat setempat, Pemkab berharap iven  ini bisa menjadi magnit pariwisata yang bisa merangsang pertumbuhan dunia pariwisata Pulau Rupat. 
 
Ritual mandi syafar sebenar dilaksanakan masyarakat Rupat setiap tahunnya pada hari Rabu pekan terakhir bulan Safar atau dikenal dengan sebutan "Rabu Capuk", dimana pada tahun 2014 ini jatuh pada 17 Desember.
 
"Untuk itulah kita mempersilakan seluruh lapisan masyarakat dari mana saja jika ada waktu, menghadiri upacara mandi Safar pada 17 Desember 2014 nanti, acara tersebut akan dimulai pukul 09.00 WIB pagi, diawali dengan tepuk tepung tawar terhadap beberapa perwakilan anak kemudian dimandikan secara simbolis oleh Bupati maupun tokoh-tokoh masyarakat, setelah itu masyarakat dipersilakan untuk mandi bersama di pantai pasir putih yang sudah diberi wafaa (doa). Sedangkan pada malam harinya akan diadakan hiburan rakyat dimeriahkan oleh artis-artis dari ibu kota Jakarta. (R01)
 
 

loading...

Ikuti kami di