Riausky

Riausky.com

Pemko Pekanbaru Optimis Pembangunan 250 RLH Tuntas

Pemko Pekanbaru Optimis Pembangunan 250 RLH Tuntas
 

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Meski akhir tahun tersisa tinggal 1,5 bulan lagi, Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekanbaru, menargetkan pembangunan 250 unit Rumah Layak Huni tuntas menjelang akhir tahun 2015 di wilayah setempat.
 
"Semua Kecamatan membangunnya secara serentak saat ini," ungkap Kadis PU Pekanbaru, Zulkifli Harun.
 
Zulkifli menjelaskan memang pihaknya baru menyelesaikan proses pendataan lahan dan penerima bantuan RLH pada tiap Kecamatan.
 
Diakuinya memang proses ini cukup memakan waktu lama karena Pemerintah kota Pekanbaru tidak mau bantuan ini salah sasaran. 
Apalagi tahun ini Pemko memilih 250 keluarga kurang mampu yang akan menerima bantuan RLH. Jumlah ini dibagi kepada 12 Kecamatan yang ada di wilayah setempat.
 
"Jadi pengerjaannya memang baru kami mulai," ujar dia.
 
Zulkifli optimis di sisa waktu yang hampir 1,5 bulan menjelang akhir tahun pembangunan 250 unit RLH bisa selesai. Makanya tambah dia lagi, kini pihaknya menggesa pengerjaannya secara serentak pada 12 Kecamatan. "Tiap satu unit rumah hanya butuh waktu sekitar 20 hari untuk selesai," tuturnya.
 
Adapun biaya yang sudah dianggarkan Pemko dalam APBD tiap tahunnya bagi pembangunan RLH sebesar Rp50 juta/unit. Sementara bagi model RLH panggung anggarannya Rp60 juta/unit. Ini diberikan bagi wilayah khusus yang memang terletak di tepian sungai dan daerah rendah rawan banjir.
 
Program pemberian RLH sudah dilakukan Pemko selama empat tahun. Tiap tahunnya ada 250 unit RLH yang dibangun bagi keluarga kurang mampu. 
 
Sehingga tahun ini totalnya 1.000 unit. Program RLH ini menjadi salah satu prioritas Dinas PU Pekanbaru, guna mengentaskan kemiskinan di wilayah setempat. Syarat umum penerima RLH adalah warga Pekanbaru, memiliki lahan sendiri dan berasal dari keluarga kurang mampu. (R02)

Ikuti kami di