Riausky

Riausky.com

Home »

opini

Ustadz Abdul Somad, Sang Moderat Bumi Melayu

Ustadz Abdul Somad, Sang Moderat Bumi Melayu
Ustad Abdul Somad 

RIAUSKY.COM - Hal yang paling mudah ditangkap publik saat ini dari sosok Ustaz Abdul Somad (UAS) adalah bahwa erudisi yang dimiliki bukan hanya mendalam, namun cukup luas.

Penyampaian materi ceramah lelaki kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara, pada 18 Mei 1977 ini pun lugas, fleksibel, kontekstual.

Namun, dalam poin tertentu ia mampu menyatakan sikap tegasnya. Ia menjawab banyak hal dari pertanyaan-pertanyaan jamaahnya. 

Pertanyaan remeh dan klasik yang masih saja mengganggu pikiran jamaah pengajian hari ini. Tentang urgensi jenggot, celana cingkrang, dan doa qunut, hingga ke soal-soal kompleks menyangkut proses amalgamasi aliran-aliran besar dalam teologi Islam.

Dijawab UAS dengan santai dan cerdas. Bahkan dalam beberapa kesempatan, UAS juga mampu mendedah pengetahuannya di bidang sejarah, sosiologi, antropologi, psikologi, politik, dan filsafat. 

Rupanya minat UAS terhadap keilmuan cukup besar, sehingga sejak ia hijrah dari Sumatera Utara ke Riau. Tujuannya, untuk melanjutkan sekolah di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Indragiri Hulu dan kuliah di UIN SUSKA Riau. 

Lalu menyelesaikan kuliah di Mesir dan Maroko, terbukti ia banyak mengonsumsi pengetahuan yang beraneka ragam.

Metode dakwah UAS yang mengombinasikan antara orasi dan diskusi, cukup mengesankan. 

Ruang tanya jawab bersama jamaah setempat, menjadi oase di tengah padang ceramah keagamaan yang tandus akibat terdistorsi selebrasi dai-dai amatir di televisi. 

Di majelis-majelis pesantren salafi, yang keberadaannya berada di kampung-kampung, sebenarnya apa yang dijawab oleh UAS menyangkut hal-hal fiqih sudah banyak dijawab. 

Ikuti kami di