Riausky

Riausky.com

Museum Tionghoa di Bagansiapiapi Berantakan Dijarah Maling

Museum  Tionghoa di Bagansiapiapi Berantakan Dijarah Maling
Kondisi museum tionghoa di Batuenam bagansiapiapi berantakan setelah dijarah maling. 

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM)- Diduga akibat kurang pengawasan dan penjagaan, Museum Tionghoa milik Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang berlokasi di Batu 6 hancur berantakan dirusak maling, akibatnya beberapa koleksi barang-barang antik mesiun Tionghua hilang tanpa jejak.

Pantauan di lapangan menyebutkan beberapa barang antik di museum Tionghua ini hilang dan dirusak maling diantaranya pintu kaca depan,kaca jendela hancur begitu juga pagar stainles,photo, guci keramik serta patung patung,sementara sejumlah barang antik lainnya yang dilaporkan hilang seperti patung harimau,sepeda ontel dan miniatur khas Tionghua.

Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais,SH dilansir dari  dumaiposnews,Selasa (4/02) melalui telepone selulernya membenarkan kejadian tersebut,dan langsung turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna melakukan olah TKP dan penyelidikan terkait pengerusakan serta pencurian barang-barang antik di mesium Tionghua yang terletak di kawasan Batu Enam Bagansiapiapi.

“Ya,kita mendapat kabar ada pengerusakan di gedung mesium Tionghua di kawasan Batu Enam pagi tadi,dan kita langsung melakukan olah TKP serta merangkum keterangan dari para saksi,untuk mencari petunjuk siapa pelaku pengerusakan dan pencurian di mesium Tionghua ini,secepatnya.”Ucapnya.


Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata dan Olahraga (Dispora) Rohil Budiman,ST yang di konfirmasi menyatakan dirinya mendapat kabar ada pengerusakan dan pencurian di Museum Tionghua di kawasan batu enam pagi tadi sekira pukul 10.00.WIB dari salah satu wartawan Online Riau Link Dermawan.

Mendapat kabar tersebut dirinya bersama Kabid Ekonomi Kreatif Zakia Hada dan para staf langsung meninjau lokasi kejadian dan langsung melaporkan kejadian ini ke Polsek Bangko.

“Ya,pagi tadi sekitar pukul 10.00.WIB,Kita mendapat informasi dari salah satu wartawan Dermawan,ada penyerusakan di mesium Tionghua,Kita langsung turun ke lokasi bersama staff dan langsung kita inventarisir barang apa saja yang hilang,”Ucap Budiman.

“Aset yang tersisa kita amankan dahulu,sebab hampir sebagian aset hilang dan sisanya akan kita bawa dan amankan di kantor Dispora,penyerusakan ini sudah Kita laporkan ke Bupati dan Sekda Rohil untuk diketahui apa yang terjadi.”Ucapnya lagi.

Menurutnya kejadian ini sangat disayangkan bisa terjadi,sebab di mesium Tionghua ini di isi barang-barang antik peninggalan sejarah masa lalu suku Tionghua yang ada di Bagansiapiapi,seharusnya masyarakat menjaga aset peninggalan sejarah ini,apalagi museum sejarah ini menjadi kebanggaan masyarakat Rohil yang diresmikan 6 Juni 2008 lalu oleh H.Annas Maamun

Budiman juga mengakui dalam setahun terakhir ini, Museum dan bangunan sejarah yang sudah di bangun sudah tidak dijaga oleh penjaga malam,di sebabkan ada hal teknis sehingga tidak dijaga.(R04)

loading...

Ikuti kami di