Riausky

Riausky.com

Home »

opini

Biasa 6-7 Jam, Akhir 2020 Pekanbaru-Dumai Bisa Ditempuh 2-3 Jam

Biasa 6-7 Jam, Akhir 2020 Pekanbaru-Dumai Bisa Ditempuh 2-3 Jam
Gerbang tol Pekanbaru-Dumai di Muara Fajar sudah sempat diuji coba menjelang tahun baru 2020 yang lalu.  

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Pengoperasian Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan memangkas waktu signifikan antara kedua kota besar tersebut dibandingkan melalui jalan nasional yang sudah ada sejak dulu. 

Tol yang memiliki panjang 131,5 kilometer (km) ini bisa ditempuh selama 3 jam.

"Apabila tersambung, Pekanbaru-Dumai dapat di tempuh dalam waktu 2-3 jam saja yang sebelumnya membutuhkan waktu 6-7 jam," kata Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan dilansir dari detikcom, Jakarta, Ahad (9/2/2020).

Jalan tol ini juga akan terintegrasi dengan konektivitas kawasan dan memperlancar arus distribusi barang dari pusat industri ke berbagai wilayah di wilayah Sumatera.

"Jalan tol ini diharapkan dapat memperlancar arus distribusi barang dari pusat industri ke seluruh wilayah Sumatera, mengintegrasikan antar kawasan serta meningkatkan dan memudahkan akses Pekanbaru sebagai ibu kota Provinsi dengan Dumai sebagai daerah pelabuhan," ujarnya.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai terdiri dari 6 seksi. Di mana, untuk Seksi 1 progresnya sudah mencapai 100%, Seksi 2 ruas Minas-Petapahan sepanjang 24 km progresnya telah mencapai 85%, Seksi 3 ruas Petapahan-Kandis sepanjang 16,9 km progresnya telah mencapai sebesar 78%, Seksi 4 ruas Kandis Utara- Duri Selatan sepanjang 26,25 km progresnya telah mencapai 74,5%.

Kemudian Seksi 5 ruas Duri Selatan-Duri Utara sepanjang 29,4 km progresnya telah mencapai 93% dan Seksi 6 ruas Duri Utara-Dumai sepanjang 25,44 km progresnya telah mencapai 85%.

Seksi I Pekanbaru-Minas sendiri sebelumnya sudah sempat diuji coba penggunaannya untuk publik menjelang natal dan tahun baru 2020 yang lalu. Ribuan warga Riau antusias hendak menggunakan fasilitas jalan tol pertama yang ada di Riau tersebut.(R04)

Ikuti kami di