Riausky

Riausky.com

Pengukuhan Gelar Adat Persukuan Kampai, Bupati Kampar: Tali Bapilin Tigo untuk Kampar yang Lebih Baik

Pengukuhan Gelar Adat Persukuan Kampai, Bupati Kampar: Tali Bapilin Tigo untuk Kampar yang Lebih Baik
 

KAMPA (RIAUSKY.COM) - Pengukuhan gelar adat persukuan kampai dikenegerian kampa berlangsung di rumah soko persukuan kampai, acara ini dihadiri oleh Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto Dt. Rajo Batuah, mantan Bupati Kampar Burhanuddin husin Dt. Simajo botuah, Wakil DPRD Kabupaten Kampar Repol, S. Ag, serta ninik mamak Kenegerian pada hari kamis siang (27/02).

Pada sambutannya Bupati Kampar menekankan komitmennya dalam membangun Kampar sesuai dengan tali bapilin tigo, tigo tungku sajoghangan artinya  bupati mengajak semua elemen masyarakat baik itu ulama, ninik mamak serta pemerintah ikut terlibat demi Kampar yang lebih sejahtera dengan tugas dan fungsi masing- masing, menyatukan semua tenaga membangun Kampar yang lebih hebat kedepannya.

"Kita berjuang bersama, bersinergi, karna saya yakin dengan kita saling bahu membahu bekerja sama, akan terwujud apa yang kita impikan, agar nantinya Kampar yang kita cintai ini semakin cerah prospeknya kedepan,” ucapnya.

Untuk ninik mamak yang dilantik Bupati Kampar juga menitipkan pesan agar para Datuk untuk senantiasa berpegang teguh kepada Adat, agar Datuk terus menjadi Suri Tauladan anak kemenakan serta menyampaikan nasehat, memberikan pencerahan tentang etika dan adat serta budaya sehingga benar-benar mengerti dan faham akan budaya. 


Kepada Datuk Maharajo yang baru saja dinobatkan Bupati Kampar mengatakan Gelar Datuk Maharajo Suku Kampai Kenegerian Kampa bukan hanya sebagai gelar saja melainkan sebagai bentuk kepercayaan anak kemenakan dan penghormatan, dan juga dapat memberikan teladan dan dapat memecahkan persoalan di Kenegerian ini. 

Sebelumnya Bupati Kampar mengucapkan selamat kepada Datuk Maharajo Suku Kampai Kenegerian Kampa dan pucuk adat yang telah Dinobatkan semoga dapat senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam menjalankan amanah yang diberikan.

Pelantikan ninik mamak dihadiri oleh banyaknya warga yang datang, selain untuk menyaksikan prosesi adat juga antusias untuk bertemu Bupati Kampar yang selama ini dikenal murah senyum dan ramah oleh masyarakat Kabupaten. (R10)

loading...

Ikuti kami di