Riausky

Riausky.com

IKLAS Motori Penyusunan Buku Bahasa Lokal Langgam

IKLAS Motori Penyusunan Buku Bahasa Lokal Langgam
Suasana rapat musyawarah pengusunan buku paduan bahasa Melayu khas Lokal Langgam. 

LANGGAM (RIAUSKY.COM) Dimotori keluarga besar Ikatan Langgam Sekitarnya (IKLAS), mereka susun buku paduan bahasa Melayu khas Lokal Langgam.

Nantinya buku ini, dijadikan referensi sekaligus dapat mempertahankan budaya tradisional yang diturun-temurunkan ke generasi selanjutnya.

Menurut penuturan Ketua Umum IKLAS HM Syahrul Syarif penyusunan buku paduan melibatkan banyak pihak.  Khusus tetua adat dan para ahli sejarah bahasa lokal yang dikenal loyallitasnya mempertahankan bahasa lokal dalan pergaualan sehari-Sehari.

"Ya, kita tengah menyusun buku khusus bahasa lokal. Penyusunan sendiri memakan waktu lama. Sebab berbeda dengan penyusunan buku-buku pada umumnya. Disini kita mengumpul bahasa lokal yang terkadang telah dilupakan sendiri masyarakat langgam. Inilah yang kita kumpulkan serta kita rekatkan kembali,"jelasnya.


Kemudian penyusunan buku yang Insya Allah rampung tahun ini, sambung orang tangan kanan Datuk Setia Amanah Payung Panji Adat Kabupaten Pelalawan melibatkan banyak para tokoh agama, tetua adat, alim aluma, cerdit pandai dan lebih-lebih para orang tua yang telah sepuh.

"Pada perinsifnya, kita ingin penyusunan ini sesempurna mungkin. Sebab buku ini dijadikan referensi bagi generasi selanjutnya,"ujarnya dan kita butuh masukkan banyak mereka.

Lebih jauh dikatakan orang nomor wahid di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pelalawan bahwa penyempurnaan buku ini juga telah dilakukan banyak pertemuan bersama. Termasuk hari ini (8 Maret 2020) di kelurahan Langgam.(R09)
 

loading...

Ikuti kami di