Riausky

Riausky.com

Muhammad DPO, Bustami HY Ditunjuk Sebagai Pelaksana Harian Bupati Bengkalis

Muhammad DPO, Bustami HY Ditunjuk Sebagai Pelaksana Harian Bupati Bengkalis
Bustami HY. 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menunjuk Bustami HY sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis.

Penunjukan tersebut  dituangkan dalam  surat Gubernur Nomor 130/PEM-OTDA/615., sebagai tindaklanjut dari Surat Sekretaris Daerah  kabupaten bengkalis Nomor 100/Tapem/88/2020 tertanggal 9 Maret 2020 perihal penegasan kewenangan pelaksanaan tugas pemerintah daerah di Kabupaten Bengkalis.

Dalam surat yang ditandatangani langsung oleh Gubernur Riau  Symasuar tersebut, ada dua item yang menjadi penekanan, yakni:

1. Menegaskan bahwa apabila kepala daerah dan wakil kepala daerah sedang menjalani masa tahanan atau berhalangan sementara, sekretaris daerah melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah.

2. Dalam hal terjadi kekosongan jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah, Sekretaris Daerah melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah. 

Surat tersebut ditembuskan Gubernur Riau kepada Menteri  Dalam Negeri Cq. Dirjen Otonomi Daerah , Ketua DPRD Riau Ketua DPRD Bengkalis dan Forkopimda bengkalis. 

Surat penunjukan Bustami HY tersebut juga dibenarkan Kepala Biro Administrasi Setdaprov Riau Sudarman, Kamis (12/3/2020) siang tadi.

''Betul, jadi sebagai pelaksana tugas harian kepala daerah Bengkalis dilaksanakan oleh Sekretaris Daerah,'' sebut dia.

Sudarman juga menjelaskan, penunjukan Plh  kepala daerah ini juga dikonsultasikan kepada Kemendagri, mengingat masa jabatan Bupati Bengkalis masih berlangsung sampai tahun 2021 yang akan datang. 

''Jadi apakah Plh ini sampai akhir masa jabatan atau akan ditunjuk Penjabat Bupati sampai terpilihnya kepala daerah yang baru, masih dikonsultasikan,'' kata dia. 

Sebagaimana diketahui, Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat ini sedang menjalani masa penahanan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sementara wakil Bupatu Muhammad, pasca penetapan Daftar Pencarian orang (DPO) oleh Mapolda Riau, hingga saat ini belum diketahui keberadaannya. 

Kabupaten bengkalis sendiri, saat ini sedang diramaikan dengan persiapan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati yang akan dilaksanakan serentak bersama sejumlah daerah lainnya di Riau.

Sekdakab Bengkalis, Bustami HY kepada wartawan membenarkan surat penunjukan Sekda sebagai pelaksana harian Bupati Bengkalis. 

''Benar, sudah saya terima suratnya pagi tadi,'' kata dia.

Bustami berharap dukungan dari aemua pihak, khususnya masyarakat  Bengkalis untuk bisa melaksanakan tugas yang diamanakan dengna baik. ''Saya mohon dukungan amsyarakat, termasuk media agar Bengkalis tetap dalam kondisi kondusif,'' kata dia. (R03)
 

loading...

Ikuti kami di
BERITA TERKINI +