Riausky

Riausky.com

Jalin Silaturrahmi, Pengurus Tarikat Satariyah Kuansing Sampaikan Aspirasi Ulama kepada Andi Putra

Jalin Silaturrahmi, Pengurus Tarikat Satariyah Kuansing Sampaikan Aspirasi Ulama kepada Andi Putra
 

TELUK KUANTAN (RIAUSKY.COM) - Ketua DPD Tarikat Satariyah Kabupaten Kuantan Singingi masa bhakti 2020-2025, Tongku Panjang Afdalah menyampaikan aspirasi para ulama ini saat bersilaturrahmi dengan Ketua DPRD Kuansing Andi Putra SH MH di Telukkuantan, baru-baru ini.

Selain menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada Ketua DPRD Kuansing, para ulama Tarikat juga menyampaikannya kepada anggota DPRD Riau, H Sukarmis, yang saat ini menjadi Ketua Badan Kehormatan DPRD Riau dihadapan Tuanku Bagindo Ikhsanul Arifin dari DPP Satariyah wilayah Riau, Sumbar, Bengkulu dan Sumsel.

Sejak berdiri kepengurusan Tarikat Satariyah di Kabupaten Kuantan Singingi, diakuinya, minim kepeduliaan (pemerintah) terhadap organisasi ini. Terkesan diabaikan. Karena itu, para ulama Tarikat yang tersebar di seluruh Kuansing ini kinibbutuh perhatian dan dukungan ke depan.

"Kita berjuang. Tahun 2015, organisasi ini resmi berbadan hukum. Ini terbentuk atas dukungan Pak Sukarmis saat itu. Ini jasa beliau yang tak akan pernah kami lupakan," kata Ongku Panjang, dalam sambutannya.

Dalam kurun 2015-2020, disadarinya, kepengurusan Tarikat Satariyah di Kuansing belum maksimal. Karena kurangnya dukungan (pemerintah). Dan di periode kepengurusan 2020-2025, Ongku Panjang yang kembali diberi kepercayaan memimpin organisasi Tarikat ini berharap dukungan dan perhatian dari pemerintah ke depan.

"Kepada Pak Andi Putra kami berharap. Jangan lupa memperjuangkan jamaah tarikat ini. Karena kami tahu, sepak terjang Bapak Ketua DPRD Kuansing ini, ada kepeduliaan terhadap organisasi-organisasi keagamaan. Tentunya, kami siap untuk bersama ke depannya," ujar Ongku Panjang.

Ia berharap seraya mendoakan agar keinginan mewujudkan Kuansing sebagai negeri bermarwah terwujud berkat rahmat Allah, syafa'at nabi dan doa para guru dan mursyid dari Tarikat Satariyah.

Menanggapi itu, Ketua DPRD Kuansing Andi Putra menegaskan komitmennya terhadap organisasi Tarikat Satariyah ini. Ke depan, jika diberi amanah, organisasi ini akan dapat bantuan dari APBD Kuansing. Seperti organisasi keagamaan lainnya di Kuansing.

"Ini komitmen kita. Karena bagaimanapun ada hak yang sama harus diterima. Ke depan, Tarikat Satariya ini harus dapat bantuan dari APBD. Sama dengan organisasi-organisasi keagamaan lainnya," tegas Andi.

Senada dengan itu, mantan Bupati Kuansing H Sukarmis juga menyarankan agar Ketua DPRD Kuansing Andi Putra memperjuangkan dan membantu Tarikat Satariyah ini jika diberi amanah memimpin Kuansing ke depan. 

"Harus dibantu. Seperti apa yang lain, seperti itupula Tarikat ini. Jangan dibedakan," pintanya. (R12)

loading...

Ikuti kami di