Riausky

Riausky.com

Disdukcapil Kampar Belajar Pelayanan Publik ke Padang Pariaman

Disdukcapil Kampar Belajar Pelayanan Publik ke Padang Pariaman
 

PADANG PARIAMAN (RIAUSKY.COM) - Kemajuan pelayanan public yang serba online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat saat ini membuat banyak daerah lain tertarik untuk belajar.

Kali ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar Provinsi Riau dating langsung ke Kabupaten Padang Pariaman melakukan study banding, Jumat (17/7/2020).

Tidak tanggung-tanggung, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar Hj. Retno Susilowati MH,SE memimpin langsung rombongan study banding agar maksimal. 

Rombongan juga didampingi pejabat esselon III dan IV diantaranya Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Supardi, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Badri,S.Sos dan Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Drs. Jamal Abdu, M. Si serta beberapa Kepala Seksi dan Staff Teknis.

Retno mengungkapkan maksud kedatangannya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman kali ini adalah untuk melakukan study banding tentang Pelayanan Online dan penerapan inovasi pelayanan lainnya.

Seperti yang telah diketahui, Dinasa Kependudukan dan Pencatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman sudah sangat maju dalam pelayanan online maupun penerapan inovasi pelayanan lainnya, terbukti Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah memberikan penghargaan dalam hal Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) dengan Kategori A di tahun 2019.

"Dibanding Kabupaten Padang Pariaman, daerah kami sangat luas dengan 250 Desa /Kelurahan dan 21 kecamatan. Sedangkan Kabupaten Padang Pariaman Hanya terdiri dari 103 Desa/Kelurahan. Karena itu dengan dukungan teknologi yang bagus dalam pelayanan masyarakat,kami berharap bisa semakain baik dalam memberikan pelayanan,” jelasnya Supardi Kabid PIAK Disdukcapil Kab.Kampar.

"Dan yang terpenting dengan pelayanan online akan memutus rantai praktek percaloaan dan pungli pada instansi pelayanan publik, ini sesuai dengan harapan kita semua terutama amanat dari Prof. Zudan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, imbuh Supardi.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Fadzli mengaku senang sekali dengan kehadiran rombongan dari Kabupaten Kampar. Kegiatan study banding seperti ini bisa mempererat hubungan kedua daerah serta bisa saling tukar informasi. 

"Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman selama ini selalu berusaha memberikan pelayanan administasi kependudukan terbaik untuk masyarakat, karena itu bangga sekali mendapat kunjungan dari Disdukcapil Kabupaten Kampar,” kata pria yang energik ini.

Prinsipnya, imbuhnya untuk melayani masyarakat, selalu memberikan pelyanan dan kemudahan sebaik mungkin sehingga masyarakat bisa semakin nyaman. (R10)

loading...

Ikuti kami di