Riausky

Riausky.com

Masih Berstatus Zona Merah, Ahli Sarankan Tiga Kecamatan di Bengkalis Ini Segera Terapkan PSBM

Masih Berstatus Zona Merah, Ahli Sarankan Tiga Kecamatan di Bengkalis Ini Segera Terapkan PSBM
 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dari 12 kabupaten/kota di Riau, saat ini tinggal Kabupaten Bengkalis yang masih masuk zona merah penularan Covid-19. Sementara 10 kabupaten/kota diantaranya masuk zona orange, dan satu kabupaten yakni Kepulauan Meranti zona kuning.

Ahli epidemiologi Riau dr Wildan Asfan Hasibuan Jumat (13/11/2020) mengatakan, dengan status zona merah tersebut, pihaknya menyarankan pemerintah kabupaten Bengkalis untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM). Dengan begitu, aktivitas masyarakat dapat dikontrol sehingga diharapkan penyebaran Covid-19 juga dapat diminimalisir.

"Saran kami bagi daerah yang masih zona merah yakni Bengkalis, segera untuk melakukan PSBM. Khususnya ditiga kecamatan yang tinggi kasusnya yakni Batin Solapan, Mandau dan Pinggir," katanya.

Selain melakukan PSBM, protokol kesehatan utamanya menjaga jarak, memakai masker dan juga mencuci tangan juga harus terus digalakkan. Termasuk 3 T atau testing, tracing dan juga treatment.

"Daerah yang selama ini berada pada zona merah juga melakukan hal serupa, yakni menjalankan protokol kesehatan serta terus memperkuat 3 T," sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, meskipun saat ini tinggal satu daerah di Riau yang berstatus zona merah, namun pihaknya masih akan mempertimbangkan lagi untuk membuka sekolah. Utamanya sekolah tingkat SMA sederajat yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi Riau.

"Nanti kita atur lah, mana sekolah yang sudah boleh buka mana yang belum. Akan kami bicarakan lagi bersama dengan pemerintah kabupaten/kota, karena kalau untuk tingkat SD dan SMP kan kewenangan pemerintah kabupaten/kota," ujarnya. (R06/MCRiau)

Ikuti kami di