Riausky

Riausky.com

KTH Sendang Berkah Kampar Tanam 20 Ribu Bibit Pohon

KTH Sendang Berkah Kampar Tanam 20 Ribu Bibit Pohon
 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Momentum Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2020 di Kabupaten Kampar yang merupakan salah satu wilayah kerja BPDASHL Indragiri Rokan, digelar dengan melibatkan kerja kolektif banyak pihak.

HMPI yang diperingati setiap tanggal 28 November, yang menjadi pengejawantahan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19. 

Peringatan HMPI sekaligus GNPDAS Tahun 2020 ini diikuti oleh personil KODIM 0313/KPR, Petani, Pelajar, Pramuka, Ormas FKPPI, Pemuda Pancasila, dan berbagai elemen masyarakat lainnya. 

Kegiatan ini diinisiasi oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) Sendang Berkah (Sebar) bekerjasama dengan KODIM 0313/KPR dan didukung oleh BPDASHL Indragiri Rokan, serta Dinas LHK Provinsi Riau. Hadir dalam kesempatan ini Dandim 0313/KPR, Ketua DPRD Kabupaten Kampar, Kepala BPDASHL Indragiri Rokan, Camat Tapung, Kapolsek Tapung, Danyon 132/BS, Danramil 016/TPG, Manajer PTPN V, Perwakilan dari PT Charoen Pokphand, PT Japfa Comfeed dan beberapa tamu undangan lainnya.

"Ini bagian dari tindak lanjut amanah yang diberikan Ibu Menteri LHK pada saat meresmikan Kebun Bibit Desa (KBD) Muktisari 13 November 2020 lalu. KTH SEBAR akan terus berperan aktif melaksanakan dan menyukseskan program-program di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Untuk itu perlu selalu dukungan dari berbagai pihak,"  ujar  perwakilan KTH SEBAR, Joko Surrachmad, Sabtu (28/11/2020).

Kepala BPDASHL Indragiri Rokan, Tri Esti Indrarwati, menyampaikan apresiasi kepada KTH SEBAR yang tanpa henti berperan aktif dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan, khususnya dalam pelaksanaan program Rehabilitasi Hutan dan Lahan berbasis pemberdayaan masyarakat. 

"Ke depan kemitraan dan kolaborasi yang telah terjalin perlu diperkuat dan dikembangkan, sehingga bisa memberikan pengaruh, manfaat, dan dampak positif bagi KTH dan desa-desa lainnya," kata Esti. 

Kemitraan KTH dengan KLHK, TNI, Polri, Pemda, Pihak Swasta, dan elemen-elemen lainnya yang telah diupayakan oleh KTH SEBAR diharapkan dapat diadopsi dan diimplementasikan juga oleh KTH lainnya yang ada di wilayah kerja BPDASHL Indragiri Rokan.

"Kami siap untuk bermitra dan berkolaborasi dengan semua pihak dalam rangka pencapaian keberhasilan program-program LHK, terutama program RHL," tegas Esti.

Pada kesempatan yang sama, Komandan KODIM 0313/KPR Letkol. Inf. Leo Octavianus M. Sinaga dalam sambutannya menyampaikan bahwa sinergi TNI bersama kelompok tani merupakan wujud kemanunggalan prajurit TNI bersama rakyat. 

"Dalam rangka perbaikan lingkungan, TNI khususnya KODIM 0313/KPR selalu siap untuk manunggal bersama masyarakat. Sebagai contoh nyata, adalah kerjasama yang telah berjalan dengan baik selama ini dengan KTH SEBAR," katanya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bibit kepada perwakilan peserta dari TNI, Polri, Pelajar, dan Masyarakat. Selanjutnya dilakukan penanaman simbolis oleh para undangan serta penanaman massal oleh anggota KTH, TNI, Polri, masyarakat, ormas FKPPI, Pemuda Pancasila, Pramuka dan pelajar. 

Dilaporkan bahwa pada momentum HMPI dan GNPDAS 2020 ini, di wilayah KODIM 0313/KPR ditanam secara massal sebanyak 20.000 batang bibit pohon yang bersumber dari bibit KBD Muktisari yang difasilitasi BPDASHL Indragiri Rokan dan dikelola oleh KTH SEBAR. 

Jenis bibit yang ditanam antara lain Matoa, Trembesi, Nyamplung, Mangga, Lengkeng, Rambutan, Petai, Jengkol dan beberapa jenis lainnya. Penanaman dilakukan di sepanjang kanan kiri jalan desa, sempadan sungai/kanal, fasos, fasum, dan lahan-lahan masyarakat. (R06/MCRiau)

loading...

Ikuti kami di