Riausky

Riausky.com

Ribuan Warga Meriahkan Perayaan Cap Go Meh di Baganbatu

Ribuan Warga Meriahkan Perayaan Cap Go Meh di Baganbatu
Barongsai dipertunjukkan saat perayaan cap go meh. 

BAGANBATU (RIAUSKY.COM)- Perayaan Cap Go Meh di Kota Bagan Batu berlangsung meriah. Ribuan masyarakat kota baik dari kalangan Tionghoa maupun masyarakat umum lainnya tumpah ruah memenuhi Vihara Budha Dharma Bagansiapiapi, Sabtu (20/2/2016) malam.

Mereka dengan suka cita menyambut kemeriahan Cap Go Meh 2567 dengan menyaksikan pergelaran barongsai yang disediakan oleh panitia. Tampak hadir pada kesempatan tersebut, Kapolres Rohil, AKBP Subiantoro SH SIK, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Dody Harza Kusumah SH SIK MSi, Sekcam Bagan Sinembah, H Darsono SE, Anggota DPRD Riau, Ir Siswaja Muljadi yang acap disapa Aseng juga sejumlah tokoh pemuda dan masyarakat setempat.

Ketua panitia Cap Go Meh Vihara Budha Dharma, Acin mengungkapkan apresiasinya atas kemeriahan dari perayaan Cap Go Meh malam itu. Itu menunjukkan tingginya solidaritas antar umat di Indonesia. ''Semoga acara ini bisa menjalin silaturahim dan kebersamaan yang lebih erat lagi antara kita semua masyarakat di Bagan Batu ini,'' harap dia.

Kapolres Rokan Hilir, AKBP Subiantoro SH SIK yanhg hadir khusus di tengah masyarakat Rokan Hilir di Baganbatu merasa bangga dengan jalinan kebersamaan yang dibangun masyarakat di kota sawit itu. Hal tersebut hendaknya terus diperkukuh lewat silaturahmi yang lebih baik lagi ke depannya.

''Bila masyarakat kompak, pembangunan juga akan lebih baik lagi. Itu hal yang mendasar yang harus sama-sama kita ciptakan bila ingin satui daerah maju,'' Imbau Kapolres.

Sementara itu, Ketua Yayasan Vihara Budha Dharma, Siswaja Muljadi yang juga anggota DPRD Riau mengungkapkan sebenarnya, perayaan Cap Go Meh ini tidak jauh berbeda dengan perayaan hari besar bagi umat Muslim secara kebudayaan. Pakaian koko, saling kunjung mengunjungi, saling maaf memaafkan.

"Sebenarnya hampir mirip dari sisi kebudayaan, Kalau Tionghoa pakai lampion, nah kalau muslim ada pasang lilin atau obor jelang lebaran atau bahkan malam lebaran," ungkap dia.

Siswaja berharap perayaan  Imlek dan cap Go Meh ini  silaturrahim antar umat beragama dapat semakin kuat dan masyarakat Baganbatu dilimpahi rezki yang lebih banyak lagi. (R15)

Ikuti kami di