Riausky

Riausky.com

Harimau yang Muncul di Jalan Raya Tanjung Nan Ampek Berhasil Ditangkap

Harimau yang Muncul di Jalan Raya Tanjung Nan Ampek Berhasil Ditangkap
Harimau sumatera berhasil diamankan di Sumbar beberapa waktu lalu setelah masuk perangkap. /Sumber Foto: klikpositif.  

SOLOK (RIAUSKY.COM)- Jajaran Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) berhasil mengamankan seekor harumau sumatera (panthera tigris Sumatrae), Ahad (6/12/2020).

Harimau berukuran sedang  tersebut diduga adalah harimau yang sempat muncul dan membuat heboh warga yang melintas  di ruas jalan Raya Tanjung Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok,  beberapa waktu lalu dan videonya viral.

Harimau tersebut berhasil ditangkap setelah masuk ke dalam sangkar jebakan yang dibuat oleh petugas BBKSDA dengan umpan seekor anjing.

Kepala Resor Konservasi Wilayah Solok BKSDA Sumbar Afrilius, Ahad , membenarkan tertangkapnya satu ekor harimau  di Solok.

Dilaporkan, sejak Jumat (4/12/2020) lalu, BKSDA Sumbar memasang perangkap untuk menangkap harimau tersebut.

Sebelumnya, petugas sudah berupaya mengusir harimau itu kembali ke hutan dengan membunyikan meriam karbit dan senjata api. Namun, harimau tidak merasa takut dan tidak merespons bebunyian itu.

Karena itulah, petugas memasang perangkap untuk menangkapnya.

Saat ini, harimau tersebut dilaporkan sudah dibawa ke Pusat Rehabilitasi harimau sumatera di Dharmasraya. 

Sementara itu, secara terpisah, Camat Danau Kembar Solok, Eka Putra memastikan harimau yang muncul tersebut bukan satu, melainkan dua ekor. 

Harimau pertama kali muncul di Jorong Lurah Ingu, Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek. Harimau ini yang disebut Eka Putra agak besar.

"Tidak sama. Harimaunya tidak sama. Yang satu agak besar, sementara yang satu lagi laporannya agak kecil," kata Eka Putra kepada detikcom, Kamis (3/12/2020) lalu.

Sementara itu, dari informasi Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya, disebutkan kalau harimau yang berhasil ditangkap tersebut adalah individu harimau sumatera betina yang pernah dilepasliarkan beberapa waktu lalu.

Identitas ciri tersebut diketahui dari garis belang pada tubuh harimau yang berhasil ditangkap dan dicocokkan data dari Pusat Rehabilitasi harimau sumatera  di Kabupaten Dharmasraya (PHRSD)  (R04)

Sumber berita: kompas.com/detik.com

loading...

Ikuti kami di