Riausky

Riausky.com

Marsma Ronny Moningka: 2 Tahun 6 Bulan Bertugas, Rasanya Baru Kemarin di Riau...

Marsma Ronny Moningka: 2 Tahun 6 Bulan Bertugas, Rasanya Baru Kemarin di Riau...
Danlanud Ronny Moningka dan keluarga saat acara Malam Pengantar Tugas Kemandan Lanud Roesmin Noerjadin yang dilaksanakan di Balai Serindit Gedung Daerah./ Sumber Foto: Humas Pemko Pekanbaru/ Marshal Rasmi 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Tak terasa, sudah 2 tahun 6 bulan menjalankan tugas di Riau. Rasanya baru kemarin, rasanya waktu demikian cepat berlalu.

Itu kalimat pertama yang diungkapkan Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Rusmin Nurjadin, Marsekal Pertama (Marsma) Ronny Irianto Moningka  saat didapuk memberikan kata sambutan pada acara Malam Pengantar Tugas Kemandan Lanud Roesmin Noerjadin yang dilaksanakan di Balai Serindit kompleks Gedung Daerah, Jumat (15/1/2021).

Didampingi sang istri, Irene, juga tiga orang anak-anaknya, Ronny mengungkapkan banyak suka duka yang dirasakan selama bertugas di Riau. 

''Namun, pastinya, lebih banyak suka. Kami di sini seperti keluarga besar, selama bertugas 2,6 bulan, abang-abang di sini menemani,. Kemana kami datang berkunjung, semuanya wellcome,'' kenang pria kelahiran Gianyar Bali ini.

Ronny juga mengisahkan kalau selama bertugas, dia sangat meyakini kalau Kota Pekanbaru adalah Kota Bertuah. ''Seperti kata orang tua, kalau sudah pernah datang ke Riau, nanti akan kembali lagi ke Riau. Mudah-mudahan, akan seperti itu, apakah dalam rangka tugas, atau silaturahim,'' ungkap Ronny.

Dia juga meminta maaf, karena, selama bertugas belum sempat bersilaturahim ke seluruh kabupaten dan kota secara langsung. 

''Sebenarnya saya selalu melintas di seluruh kabupaten dan kota. Tapi, lewat udara. Kadang kami memonitor dan mengawasi kebakaran hutan dan lahan menggunakan heli, tapi tak turun, hanya melintas lewat udara. Karena itu, kalau tidak sepenuhnya bisa bersilaturahim. Sebagai manusia biasa, saya mohon maaf,'' ungkap Ronny pada acara yang dihadiri jajaran Forkopimda juga sejumlah kepada daerah di Riau termasuk Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Ketua DPRD Riau Yulisman, Danrem Brigjen TNI Syech Ismed, juga sejumlah pejabat daerah lainnya.

Selepas memberi sambutan, satu per satu pejabat daerah dimulai dari Wakil Gubernur Edy Natar Nasution dan istri juga jajaran Forkopimda menyerahkan cinderamata dan  kenang-kenangan, diikuti sejumlah kepala daerah kabupaten dan kota.

Marsekal Pertama TNI Ronny Moningka pertama sekali bertugas sebagai Komandan Lanud Rusmin Noerjadin pada 31 Juli 2018. 

Dalam mutasi tugas barunya,  lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara dan peraih Adhi Makayasa tahun 1992 dipercaya menjabat sebagai sebagai Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara  (Seskoau) di Lembang.

Sebagai penggantinya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menunjuk  Marsma TNI Andi Kustoro sebelumnya  Kas Koopsau II sebagai Komandan Lanud Rusmin Noerjadin.(R02)

loading...

Ikuti kami di