Riausky

Riausky.com

Dishub Riau akan Tambah Kapal RoRo Penyeberangan Rupat - Dumai

Dishub Riau akan Tambah Kapal RoRo Penyeberangan Rupat - Dumai
Penyeberangan RoRo Tanjung Kapal di Rupat, Bengkalis, Riau. 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Perhubungan (Dishub) telah mengusulkan penambahan jumlah kapal yang beroperasi melayani penyeberangan RoRo Tanjung Kapal (Rupat, Bengkalis) - Bandar Sri Junjungan (Dumai).

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Riau Indra Putrayana melalui Kepala UPT Wilayah I Penyeberangan Yasril SH, Sabtu (30/1/2021).

"Penambahan satu kapal roro untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan jasa penyeberangan Tanjung Kapal - Dumai. Saat ini penyeberangan sudah dilayani dua kapal roro," kata Yasril.

Selain penambahan jumlah kapal roro, dikatakan Yasril, pihaknya juga mengusulkan jumlah trip yang sebelumnya ada 8 trip sampai 9 trip bisa menjadi lebih dari 10 trip sehari.

"Penambahan kapal dan jumlah trip, melihat antusias masyarakat yang datang ke Pulau Rupat dan sebaliknya. Apalagi Pulau Rupat keindahan pantai dan berbatasan langsung dengan Negeri Jiran, Malaysia," ungkap Yasril.

Dalam sehari rata-rata penumpang atau orang yang menyeberang dari Dumai ke Rupat mencapai 500 orang. Sementara rata-rata per harinya untuk becak motor 4 unit, sepeda motor 200 unit, mobil jenis pick up 35 unit, mobil pribadi 45 unit, dan truk kapasitas 8 ton 50 unit.

Dari Tanjung Kapal (Rupat), rata-rata penumpang per harinya sebanyak 500 orang. Untuk kendaraan rata-rata per harinya untuk sepeda motor 160 unit, becak motor 4 unit, mobil jenis pick up 42 unit, mobil pribadi 50 unit, dan truk kapasitas 8 ton 60 unit. (MCR)

Ikuti kami di