Riausky

Riausky.com

Hari Ini, Fire Emergency Response Team PT RAPP Latih 500 Personel Polda Riau untuk Tangani Karhutla

Hari Ini, Fire Emergency Response Team PT RAPP Latih 500 Personel Polda Riau untuk Tangani Karhutla
Kegiatan latihan personel Polda Riau oleh Tim Fire Emergency Response Team PT RAPP. (foto: istimewa) 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Hari ke-2 pelatihan penanganan Karhutla, Tim PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melatih sebanyak 500 personel Polda Riau. Latihan yang dilakukan pada hari Jumat (26/2/2021) pagi itu, berlangsung dengan penuh semangat dan antusias dari ratusan personel Polda Riau, dan tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Disana para anggota polisi dilatih oleh Fire Emergency Response Team (FERT) dari PT RAPP, bagaimana cara menggunakan alat pemadam kebakaran di lokasi Karhutla. Mulai dari cara membuka jalan menuju lokasi kebakaran, mencari sumber air, persiapan pompa, pengoperasian pompa, dan tenda untuk para personel bermalam di lokasi Karhutla. Tujuannya, agar para personel bisa terbiasa menggunakan pompa mini shakrer.

"Hari ini ada sekitar 500-an personel Polda Riau, makanya tadi kami bagi jadi tiga tim, biar lebih diterima apa yang disampaikan. Saya yakin mereka bisa membantu dengan baik nanti apabila ada terjadi Karhutla, karena mereka juga antusias tadi," ujar Fire and Aviation Manager PT RAPP, Yuneldi, kepada GoRiau.com.

Selanjutnya kata Yuneldi, selain harus mahir dalam menggunakan alat, personel Polda Riau yang turun ke lokasi Karhutla juga harus memperhatikan bahaya dan kendala apa saja yang bisa terjadi di lapangan. Ditambah para personel juga tidak boleh bermalas-malasan saat berada di lapangan.

"Tadi kita berusaha menjelaskan dilapangan itu bagaimana. Kita jelaskan bahwa dilapangan itu bahaya nya apa, yang paling penting adalah keselamatan diri dulu. Jangan ada yang tidur-tidur, duduk-duduk, karena di lapangan untuk bekerja," tandasnya.
 
Sebelumnya, pihak Polda Riau mengatakan, kalau latihan ini sengaja dilakukan untuk mempersiapkan personel agar dapat menangani Karhutla dengan baik dan tepat. "Ini kita lakukan untuk melatih personil Polda Riau, agar handal dalam mengoperasionalkan peralatan pemadaman api dlm penanganan karhutla. Dengan latihan ini, berarti personil polda Riau siap untuk kapanpun diterjunkan dalam penanganan Karhutla," tegas Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Pol Andri Sudarmadi.

Ternyata niatan itu disambut baik oleh PT RAPP, sebab RAPP merupakan salah satu perusahaan yang aktif melakukan pencegahan dan sosialiasi terkait bahaya Karhutla di Riau. "Sebagai pihak yang diajak Polda Riau untuk bersama-sama menyelenggarakan pelatihan ini, menyambut baik kegiatan pelatihan yang ditaja oleh Polda Riau. Ia berharap pelatihan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan kapasitas personil dalam memadamkan karhutla di lapangan," ujar Matius Ewanto, selaku GM WLS PT RAPP.

Untuk diketahui, Pelatihan penanganan Karhutla itu dimulai dari hari Kamis (25/2/2021) pagi, dan akan digelar selama 10 hari hingga Rabu (10/3/2021) mendatang. *

Ikuti kami di