Riausky

Riausky.com

Disperindag Minta PKL di Sekitar Sukaramai Trade Center Sukarela Kosongkan Jalan Agus Salim Pekanbaru

Disperindag  Minta PKL di Sekitar Sukaramai Trade Center Sukarela Kosongkan Jalan Agus Salim Pekanbaru
Ingot Ahmad Hutasuhud. 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, meminta ratusan pedagang kaki lima (PKL) yang masih berjualan di Jalan Agus Salim kawasan Sukaramai Trade Center (STC) untuk sukarela masuk dan pindah ke tempat penampungan yang disiapkan.

"Karena yang harus dipahami, itu bukan tempat berdagang. Makanya kita ingin lakukan penataan dan semua harus mendukung, jangan sampai ada yang memprovokasi (pedagang)," ujar Kepala Disperindag Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Senin (18/10).

"Untuk itu, kita berharap pedagang secara sukarela mengosongkan lokasi yang ditempati saat ini," ulasnya.

Sesuai rencana, terang Ingot, sekitar 350-an PKL di Jalan Agus Salim tersebut akan direlokasi kesejumlah tempat yang telah disediakan seperti Pasar Higienis, Pasar Rakyat dan di kawasan Jembatan Sungai Sago arah ke Jalan Ahmad Yani.

"Dari 350-an pedagang, sekitar 200 bisa ditampung di pasar yang kita siapkan. Sisanya, itu yang akan kita relokasi ke kawasan Jembatan Sungai Sago. Di sana, mereka akan kita tata dan bina," ucapnya.

Proses relokasi atau penertiban sendiri, lanjut Ingot, saat ini sudah mulai dilakukan oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis.

"Seperti (Dinas) PUPR, hari ini mulai melakukan pembersihan. Kemudian Damkar (DPKP) dan Dinas LHK (Lingkungan Hidup dan Kebersihan) melakukan pembersihan pasar tempat penampungan," paparnya.

Lebih jauh disampaikan Ingot, penertiban yang akan dilakukan bukan untuk mematikan usaha para pedagang.

"Jadi kita tidak mengehentikan aktivitas mereka. Karena pak walikota memahami saat ini masih di tengah pandemi covid. Jadi aktivitas berdagangnya tidak kita stop, tapi hanya kita geser ke tempat yang layak untuk ditata dan dibina," tutupnya.(R06/pku) 

Ikuti kami di