Riausky

Riausky.com

Jika Putusan Pusat Belum Diumumkan, Wako Bakal Buat Kebijakan Sementara PPKM

Jika Putusan Pusat Belum Diumumkan, Wako Bakal Buat Kebijakan Sementara PPKM
Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- WaliKota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, bakal mengeluarkan kebijakan sementara jika belum ada keputusan Satgas Covid-19 nasional, terkait status PPKM level 2 di Kota Pekanbaru yang berakhir, Senin (18/10/2021). 

Firdaus mengungkapkan, kebijakan ini dibuat menjelang hasil evaluasi dari Satgas Covid nasional diumumkan, apakah Pekanbaru dapat turun level PPKM atau naik level. 

"Andaikata kita belum mendapatkan informasi dari pusat sampai besok pagi, maka kita akan mengeluarkan kebijakan sementara dengan berada di (PPKM) level 2," kata Firdaus, Senin (18/10) siang. 

Menurutnya, pemerintah kota hingga saat ini masih menanti hasil evaluasi Satgas covid nasional. Apapun hasil dari evaluasi, Firdaus mengaku bakal mengikuti arahan pemerintah pusat. 

Karena Satgas covid nasional yang dapat menentukan apakah Kota Pekanbaru memenuhi indikator untuk turun ke level 1 PPKM. Begitu juga sebaliknya, jika naik ke level 3 pusat juga yang menentukan. 

Ia mengaku, kasus Covid-19 saat ini cenderung menurun. Saat ini hanya ada tambahan sekitar 10 kasus positif dalam sehari. Kondisi ini berlangsung seiring PPKM level 2 yang telah berlangsung selama 14 hari. 

"Kalau kasus, alhamdulillah kita turun. Tapi kan ada indikator lainnya yang mesti kita penuhi untuk turun ke level 1. Tapi kalau mempedomani itu (kasus covid) kita sudah masuk di level 1. Tapi penilaian itu pusat yang menentukan," pungkasnya.(R06)

Ikuti kami di