Riausky

Riausky.com

Dua RW di Kelurahan Tobek Godang Raih Sertifikat Proklim Utama dari KLHK

Dua RW di Kelurahan Tobek Godang Raih Sertifikat Proklim Utama dari KLHK
Ilustrasi  

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Dua Rukun Warga (RW) di Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru, meraih Sertifikat Proklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kedua RW tersebut di antaranya RW 02 dan RW 03. Keduanya menerima sertifikat Program Kampung Iklim (Proklim) kategori Utama bersama 198 kelurahan/desa, dusun, kampung, RW dan setingkatnya yang tersebar di puluhan kabupaten/kota di Tanah Air.

"Alhamdulillah, kita tentu sangat bangga dengan masuknya dua RW di Tobek Godang sebagai penerima Sertifikat Proklim Utama," ujar Lurah Tobek Godang H. Yasir Arafat.

Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak, mulai dari Walikota Pekanbaru, Dinas LHK, Camat Binawidya, akademisi, Ketua RW 02, RW 03, RT, masyarakat, mahasiswa dan pihak lainnya di dalam mewujudkan Kampung Iklim di Kelurahan Tobek Godang.

"Karena tanpa adanya dukungan dari semua pihak, tentu sangat sulit bagi kita dalam melaksanakan berbagai kegiatan," tegasnya.

Disebutkan Yasir, informasi penerimaan Sertifikat Proklim Utama itu disampaikan Kementerian LHK melalui surat pemberitahun bernomor UN.116/PPI/API/PPI.0/10/2021 tertanggal 15 Oktober 2021 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Laksmi Dhewanthi.

Dalam surat pemberitahuan tersebut dijelaskan bahwa Kementerian LHK akan menyerahkan penghargaan Proklim kepada lokasi Proklim Kategori Utama dan Lestari, Apresiasi Pembinaan Proklim dan Apresiasi Pendukung Proklim yang telah aktif dalam mendukung dan mengembangkan Proklim sebagai bentuk kontribusi nyata para pihak dalam upaya pengendalian perubahan iklim.

Sesuai jadwal, lanjut Yasir, penghargaan dan Sertifikat Proklim Utama akan diserahkan secara langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya pada Selasa, 19 Oktober 2021 mendatang.

"Penghargaan dan Sertifikat Proklim Utama akan diserahkan Menteri LHK secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19," tutup Yasir.

Program Kampung Iklim sendiri merupakan program berlingkup nasional yang dikelola secara langsung oleh Kementerian LHK dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Proklim juga sebagai pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.(R04)

Ikuti kami di