Riausky

Riausky.com

Ternyata, Menteri Dalam negeri Malaysia Dato’ Seri Hamzah Fasih Jelaskan Tentang Sejarah Berdirinya Masjid Jami' Air Tiris, Begini Katanya...

Ternyata, Menteri Dalam negeri Malaysia Dato’ Seri Hamzah Fasih Jelaskan Tentang Sejarah Berdirinya Masjid Jami' Air Tiris, Begini Katanya...
Mendagri Malaysia Dato’ Seri Hamzah Bin Zainudin (tengah) didampingi Gubernur Riau (Gubri), H Syamsuar, (kiri) dan Bupati Kampar, Catur Sugeng ketika di Masjid Jami' Air Tiris, pada Selasa (25/1/2022) petang. 

AIR TIRIS (RIAUSKY.COM)- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Malaysia, Dato’ Seri Hamzah Bin Zainudin bersama Gubernur Riau (Gubri), H Syamsuar, pada Selasa (25/1/2022) menyambangi Masjid Jami' Air Tiris, di  Kampar. 

Dato’ Seri Hamzah Bin Zainudin tiba di Masjid itu pukul 17.49 Wib. Disambut Bupati Kampar, Catur Sugeng, tokoh adat, dan puluhan warga. Kedatangannya di lokasi itu juga diiringi suara alat musik tradisional khas daerah setempat. 

Masjid Jami' ini juga merupakan objek wisata religi sekaligus cagar budaya yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Kampar. Berada di Jalan Pasar Usang, Kelurahan Air Tiris, Kecamatan Kampar. 

Dalam sambutanya, Dato’ Seri Hamzah menyampaikan rasa kagum, lantaran telah melihat langsung arsitektur Masjid Jami'. Menurutnya masjid tersebut membuktikan betapa hebatnya orangtua di Riau, karena bisa membangun dan mempertahankan masjid tersebut hingga masa kini. 

"Di sini kita boleh saksikan bahwasanya orang Riau itu Hebat. Terbukti dari dahulu telah dibangun masjid yang kokoh ini. Berdiri sejak ratusan tahun lalu. Saya ucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau yang telah memfasilitasi hingga saya bisa tiba di sini," ucapnya. 

"Saya dilahirkan di Malaysia, tetapi nenek saya dilahirkan di sini dan kemudian merantau ke Malaysia. Riau dan Malaysia memiliki banyak kesamaan, mulai dari bahasa, budaya dan agama," imbuhnya. 

Arsitektur bangunan Masjid Jami' Air Tiris menunjukkan adanya perpaduan budaya Melayu dan China, dengan atap tiga tingkat berbentuk limas. Seluruh bangunannya terbuat dari kayu. Setiap dinding masjid terdapat ukiran yang memiliki makna.

Pengurus Masjid Jami' Air Tiris mengatakan, bahwa masjid bersejarah tersebut dibangun tanpa paku pada 1901 Masehi. Kemudian selesai dibangun dan diresmikan pada 1904 Masehi. Artinya sekarang berusia 121 tahun. 

"Masjid ini dibangun 1901 M pada hari Jumat tanpa paku sebatang pun dan tanpa biaya satu sen pun. Mengunakan 40 tiang kayu. Pembangunan dikerjakan secara bergotong royong oleh masyarakat Kenegerian Air Tiris," ujar Nazar. 

Nama pendiri Masjid Jami' adalah Datuok Ongku Mudo Songkal. Sedangkan Arsiteknya H Burhanuddin. Sehingga Datuok Ongku Mudo Songkal inilah yang mengajak tokoh-tokoh masyarakat, alim ulama cerdik pandai bermusyawarah untuk membuat masjid tersebut.

Kedatangan Mendagri Mendagri Malaysia bersama Gubernur Riau, turut didampingi Kadis Kebudayaan Riau, Yoserizal dan Kadis Pariwisata Riau, Roni Rakhmat, Plt Kadis Kominfo Riau, Raja Hendra Saputra dan sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah setempat.(mcr)

Ikuti kami di