Riausky

Riausky.com

15 Desa Wisata di Riau Masuk Kurasi ADWI 2022 Kemenparekraf

15 Desa Wisata di Riau Masuk Kurasi ADWI 2022 Kemenparekraf
Menteri Parekraf Sandiaga Uno 

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengumumkan 500 besar desa wisata Anugrah Desa Wisata Indonesia 2022. 
Sebanyak 15 Desa wisata di Riau telah lolos penilaian tahap awal, setelah bersaing ketat dengan 3.419 desa wisata di Indonesia.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) memberikan apresiasi kepada masyarakat penggerak sektor pariwisata dalam upaya percepatan pembangunan desa, mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa.

Rangkaian kegiatan ADWI 2022 sudah sampai pada tahap kurasi berdasarkan penilaian dewan juri terhadap 7 kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website Jadesta.

“Alhamdulillah dengan sangat bangga kami mempersembahkan tahun 2022 sebanyak 3.419 desa wisata dari 34 provinsi di Indonesia. Pencapaian ini melebihi target dari 3.000 desa wisata sebelumnya. Hal ini merupakan apresiasi dan antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat di seluruh Indonesia,” kata Sandiaga Uno, Selasa (19/4/2022) malam.

“Selamat saya ucapkan kepada 500 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022. Jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit,” ucapnya.

Menparekraf menyemangati seluruh desa wisata yang belum lolos 500 besar desa wisata 2022 agar tetap terus tingkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi melalui pengisian data desa wisata di situs Jadesta.

Menurutnya, pengisian data desa wisata di laman Jadesta sebagai wadah dan arah kemenparekraf dalam penyusunan rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia.

“Ayo kita terus gali potensi desa wisata Indonesia sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional, demi kesejahteraan rakyat untuk Indonesia bangkit,” ujar Menparekraf.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, ADWI menjadi momentum semangat masyarakat untuk terus berprestasi, opsi mempromosikan potensi, serta menumbuhkan harmonisasi pemerintah daerah, pemerintah desa, masyarakat desa, dan penggiat pariwisata.

“Alhamdulillah Menparekraf telah mengumumkan 500 desa wisata ADWI 2022. Saya ucapkan selamat untuk 15 desa wisata dari kabupaten/kota di Riau yang lolos mewakili ajang ini.  Selanjutnya akan dikurasi menjadi 300 besar, 100 besar dan terakhir 50 besar. Insya Allah Riau siap. Semangat terus para insan desa wisata,” kata Roni Rakhmat.

Inilah 15 Desa Wisata di Riau yang lolos Anugerah Desa Wisata 2022 :

Desa Wisata Bokor, Kabupaten Kepulauan Meranti.
Desa Wisata Meskom, Kabupaten Bengkalis.

Desa Wisata Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis.

Desa Wisata Sungai Luar, Kabupaten Indragiri Hilir.

Desa Wisata Rantau Langsat, Kabupaten Indragiri Hulu.

Desa Wisata Pulau Belimbing, Kabupaten Kampar.

Desa Wisata Alam Buluh Cina, Kabupaten Kampar.

Desa Wisata Tanjung Beringin, Kabupaten Kampar.

Desa Wisata Gema, Kabupaten Kampar.

Desa Wisata Kampung Budaya, Kabupaten Pelalawan.

Desa Wisata Kampung Bono, Kabupaten Pelalawan.

Desa Wisata Bangko Mukti, Kabupaten Rokan Hilir.

Desa Wisata Kampung Melayu Kabupaten Siak.

Desa Wisata Dayun, Kabupaten Siak.

Desa Wisata Kampung Bandar Senapelan, Kota Pekanbaru.(mcr)

Ikuti kami di