Riausky

Riausky.com

Positif, Muflihun Pj Wali Kota Pekanbaru, Kamsol Pj Bupati Kampar, Ini Penjelasan Firdaus...

Positif, Muflihun Pj Wali Kota Pekanbaru, Kamsol Pj Bupati Kampar, Ini Penjelasan Firdaus...
Muflihun dan Kamsol 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Teka-teki Pj Walikota Pekanbaru dan Pj Bupati Kampar terjawab sudah.

Muflihun dipastikan akan dilantik menjadi Pj Walikota Pekanbaru dan Kamsol sebagai Pj Bupati Kampar.

Keduanya akan dilantik pada Senin Senin (23/5/2022).

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau Muhammad Firdaus mengatakan, pihaknya sudah menerima Surat Keputusan (SK) penunjukan Pj Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar tersebut dari Kementerian dalam negeri (Kemendagri), Sabtu (21/5/2022) ini.

"SK sudah diterima pihaknya pada Sabtu ini. Selanjutnya SK tersebut langsung diserahkan kepada Gubernur Riau. Untuk Pj Wako Muflihun dan Pj Bupati Kampar Pak Kamsol," kata Firdaus saat dikonfirmasi Tribunpekanbaru.com Sabtu pagi.

Dikatakan Firdaus, setelah menerima SK tersebut, selanjutnya pihaknya akan melakukan pelantikan dua pejabat tersebut.

Di mana pelantikan akan dilaksanakan pada hari Senin (23/5/2022).

Diakuinya, jadwal tersebut mundur dari agenda yang sudah ditetapkan sebelumnya yakni pada Minggu (22/5/2022) sedianya, atau tepat pada akhir masa jabatan dua kepala daerah itu.

Namun karena menyesuaikan dengan jadwal Gubernur Riau, maka akan diselenggarakan pada hari Senin.

"Pelantikan jadinya hari Senin tanggal 23 Mei, pukul 09.00 WIB. Tempatnya masih sama yakni di Balai Serindit komplek Gedung Daerah Riau," ulasnya.

Sementara itu, pantauan Tribun di area Gedung Daerah pada Sabtu pagi, tampak ruangan Balai Pauh Janggi dibersihkan petugas. Mulai dari menvacum karpet dan juga mulai menyusun beberapa meja yang akan diperlukan.

"Iya, persiapan untuk pelantikan, bersih-bersih dulu, mau ada acara gladi bersih," kata salah seorang petugas kepada Tribunpekanbaru.com.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, sebelum menerima SK penetapan Pj Wako Pekanbaru dan Bupati Kampar, memang sudah beredar kabar siapa nama pejabat yang ditunjuk Mendagri untuk menduduki jabatan PJ Wako Pekanbaru dan Bupati Kampar sudah santer terdengar.

Sejauh ini belum ada perubahan nama dari isu yang berkembang beberapa hari belakangan ini.

Sumber Tribunpekanbaru.com, di lingkungan Pemprov Riau, memberikan bocoran siapa Pj Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar yang ditunjuk Mendagri.

Meski tidak secara gamlang menyebutkan nama, namun sumber Tribunpekanbaru.com memberikan inisial nama depan dari ketua pejabat eselon II Pemprov Riau yang ditunjuk Mendagri sebagai Pj Wako Pekanbaru dan Bupati Kampar.

"Inisialnya M sama K," katanya memberikan klue nama depan Pj wako Pekanbaru dan Bupati Kampar.

Berdasarkan informasi yang beredar di lingkungan Pemprov Riau, inisial M yang dimaksud kemungkinan adalah Muflihun (Sekwan DPRD Riau) sebagai calon kuat Pj Wako Pekanbaru dan K adalah Kamsol (Kadisdik Riau) calon kuat Pj Bupati Kampar sumber Tribun ini pun mengiyakan.

Bocoran nama Pj Wako Pekanbaru dan Bupati Kampar tersebut seolah menjawab pertanyaan publik yang hingga saat ini masih bertanya-tanya siapa sebenarnya Pj wako Pekanbaru dan Bupati Kampar yang ditunjuk Mendagri.

Sebab kedua nama tersebut (Muflihun dan Kamsol) sejak awal tidak masuk dalam daftar pejabat eselon II Pemprov Riau yang diusulkan Gubernur Riau Syamsuar sebagai calon Pj Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar.

Saat itu, Gubri hanya mengusulkan tiga nama, yakni Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy, Kepala BPBD Riau Edy Afrizal dan Kadispora Riau Boby Rachmat.

Sementara untuk PJ Bupati Kampar, dari tiga nama yang diusulkan, ‎yakni Zulkifli Syukur ( Kepala Biro Kesra), Imron Rosyadi (Kadisnaker) serta Roni Rakhmat (Kadispar).

Seperti diketahui, masa jabatan Walikota Pekanbaru dan Wakil Walikota Pekanbaru Firdaus - Ayat Cahyadi serta Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto hanya tinggal hitungan hari saja. Kedua kepala daerah ini masa jabatan nya berakhir pada 22 Mei mendatang.

Untuk mengisi kekosongan jabatan di dua daerah ini, Mendagri menunjuk pejabat di lingkungan Pemprov Riau menjadi Pj hingga Pilkada serentak 2024 mendatang.

Artinya, Pj Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar akan memimpin selama lebih dari dua tahun.(R04)

Sumber Berita: tribunpekanbaru


 

Ikuti kami di