Riausky

Riausky.com

Dilatih Tim Tasbih Riau, Pengurus Masjid Al Anshor Gelar Pelatihan dan Praktik Sembelih Halal

Dilatih Tim Tasbih Riau, Pengurus Masjid Al Anshor Gelar Pelatihan dan Praktik Sembelih Halal
Pelatihan dan Praktik Sembelih Halal, Ahad (22/5/2022) 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Sebagai upaya menjalankan syariat Islam dengan baik dan benar, pengurus Masjid Al Anshor yang beralamat di Jalan Eka Tunggal, Purwodadi, Pekanbaru menggelar Pelatihan dan Praktik Sembelih Halal, Ahad (22/5/2022).

Ketua Pengurus Masjid Al Anshor, Jos Bendri, mengatakan, pelatihan ini penting dilakukan mengingat proses penyembelihan hewan harus dilakukan sesuai syariat dan sunnah yang diajarkan nabi.

"Apalagi kita juga akan merayakan Idul Adha, yang juga dikenal dengan hari raya kurban, saat umat Islam diwajibkan menyembelih hewan kurban bagi yang mampu. Jadi proses penyembelihannya nanti harus sesuai syariat," jelasnya.

Dilanjutkannya, untuk mengisi materi pelatihan, pengurus mengandeng Komunitas Penyembelih Halal (Tasbih) Riau yang dibina oleh Ustadz Nazri, S.Th.I, M.Pd. 

Karena pelatihan ini juga disertai praktik langsung, panitia juga menyiapkan 1 ekor kambing untuk disembelih oleh peserta.

"Untuk peserta pelatihan selain berasal dari Masjid Al Anshor juga berasal dari masjid-masjid yang ada di sekitar," sebutnya.

Jos Bendri berharap, dengan adanya pelatihan ini nantinya bisa meningkatkan kompetensi panitia kurban, kemudian proses penyembelihan hewan bisa dilakukan lebih baik lagi, dan sesuai syariat yang diajarkan oleh nabi kita," harapnya.

Usai kegiatan pelatihan ini, pengurus juga akan menggelar kegiatan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Nazri, S.Th.I, M.Pd, dilanjutkan dengan Salat Dzuhur berjamaah, lalu dilanjutkan lagi dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Aisyah Nur Ramdhani, siswi MTsN Andalan Pekanbaru yang belum lama ini jadi juara 1 MTQ Internasional Qatar tahun 2022.

Sementara itu, Rinaldi, Ketua Panitia Ramadan Masjid Al Anshor, mengatakan selain adanya acara pelantihan dan kajian, juga dilanjutkan dengan kegiatan halal bi halal, pembubaran panitia Ramadan dan ditutup dengan kegiatan makan bersama. 

"Terima kasih atas dukungan dan bantuan bapak dan ibu semua sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan Ramadan di masjid kita dengan baik," ujarnya. (*)

Ikuti kami di