Riausky

Riausky.com

Kenali Penyakit dengan Gejala Kesemutan di Anggota Tubuh, Bisa Jadi Parah...

Kenali Penyakit dengan Gejala Kesemutan di Anggota Tubuh, Bisa Jadi Parah...
Ilustrasi / Sumber Foto: rri.co.id/freepik 

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Neuropati perifer atau biasa dikenal dengan kesemutan, lebih sering ditemui pada orang berusia lanjut. 

Bahkan, kesemutan menjadi kondisi yang bisa terjadi oleh siapa saja. Namun, apabila frekuensinya terlalu sering, mungkin ini menjadi gejala masalah kesehatan yang perlu diwaspadai.

Akan tetapi, bukan berarti usia dewasa muda dapat menganggap ini sebagai kondisi yang remeh. Sebab, kesemutan memang bisa menjadi gejala dari salah satu penyakit berikut ini:

1. Serangan Jantung

Kesemutan yang menyerang area tangan secara tiba-tiba dapat mengindikasikan penyakit serangan jantung. Sebab, terjadi penyumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan terganggunya aliran darah yang menuju ke organ jantung. 

Kondisi tersebut bisa memunculkan sensasi kesemutan dan nyeri pada dada. Bahkan, kerap muncul sensasi seperti mati rasa pada bagian tangan.

2. Diabetes

Beberapa pengidap diabetes juga merasakan sensasi kesemutan pada tangan. Biasanya, kesemutan pertama kali akan terasa pada bagian kaki, selanjutnya menyebar ke bagian tangan. 

Bahkan, tak sedikit pula pengidap diabetes yang mengalami kerusakan pada saraf, baik dari stadium yang ringan hingga parah.

3. Stroke

Selain serangan jantung dan diabetes, kesemutan yang diikuti dengan sensasi mati rasa juga dapat menjadi tanda gejala penyakit stroke. 

Gejala lain yang mungkin muncul termasuk mengalami kesulitan berbicara dan kehilangan keseimbangan. Ada pula pengidap stroke yang mengalami sakit kepala hebat dan masalah penglihatan pada salah satu atau kedua mata. 

4. Carpal Tunnel

Carpal tunnel adalah penyakit yang muncul karena getaran atau gerakan berulang yang membuat saraf pergelangan tangan tertekan. 

Akibatnya, anda akan merasakan beberapa gejala yang membuat tidak nyaman, salah satunya adalah kesemutan. Akan tetapi, gerakan berulang tersebut juga dapat memicu pembengkakan pada jaringan di sekitar saraf. 

Dampaknya, kamu juga dapat merasakan sensasi mati rasa, bahkan tangan menjadi lebih lemah. 

5. Saraf yang Terjepit

Tidak hanya di bagian tangan, seseorang yang mengalami saraf terjepit biasanya juga mengalami kesemutan pada area kaki dan leher. 

Penyebabnya bisa banyak hal, seperti postur tubuh yang tidak tepat, cedera, dan peradangan pada sendi. Selain kesemutan, cedera juga pasti menimbulkan rasa nyeri yang membuat pengidap merasa tidak nyaman untuk beraktivitas. (R04)
 

Ikuti kami di