Riausky

Riausky.com

Kukerta Unri di Kampung Pinang Permudah Akses Pencarian Lokasi UMKM  Melalui Google Maps 

Kukerta Unri di Kampung Pinang Permudah Akses Pencarian Lokasi UMKM  Melalui Google Maps 
Peserta Kukerta Unri di Kampung Pinang saat membantu mendaftarkan salah satu UMKM menggunakan google maps. 

PERHENTIAN RAJA (RIAUSKY.COM)- Kemajuan era digitalisasi memberi dampak pada seluruh sektor kehidupan manusia, salah satunya sektor perekonomian dan perdagangan. 

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan kegiatan bisnis atau usaha yang dikelola dan dijalankan oleh suatu individu, rumah tangga, ataupun badan usaha kecil yang ada dalam masyarakat. 

UMKM menjadi salah satu praktik usaha populer di kalangan masyarakat.

Banyaknya jumlah pegiat UMKM menjadikan sektor ini sebagai salah satu roda penggerak perekonomian.

Melalui kegiatannya, Kukerta Tim Universitas Riau yang berada di desa Kampung Pinang, Perhentian Raja, Kampar berupaya untuk membantu beberapa UMKM agar dapat meningkatkan jumlah konsumen dan pendapatan perekonomian sehari-harinya dengan bantuan titik lokasi pada google maps.

''Program kegiatan yang dilakukan yakni membantu pelaku UMKM dalam pendaftaran dan pemasangan poin atau titik lokasi pada Google Maps,'' ungkap Ketua Kukerta Balek Kampung Gelombang 3 Universitas Riau Kampung Pinang 2022 Muhammad Leonza Norisevick.

Google Maps, dikatakan dia,  memiliki berbagai fitur canggih untuk membantu mengembangkan UMKM mulai dari fitur upload gambar, direction, share place, dan pemberian review berbintang. 

Berbagai fitur tersebut dapat membantu memudahkan masyarakat luas dalam melakukan pencarian lokasi melalui rute yang disajikan dan memberikan penilaian terhadap UMKM tersebut sehingga akan berdampak pada peningkatan branding produk sekaligus meningkatkan jumlah konsumen.

Dengan penambahan titik lokasi UMKM pada Google Maps tersebut diharapkan dapat membantu lokasi UMKM agar lebih mudah untuk dicari oleh masyarakat luas sekaligus mampu mendongkrak perekonomian masyarakat khususnya para pelaku UMKM di Desa Kampung Pinang.(r)

Ikuti kami di