Riausky

Riausky.com

Pengunjung Antusias Saksikan Program Penanggulangan Karhutla RAPP - APR di Festival Bagholek Godang Kampar

Pengunjung Antusias Saksikan Program Penanggulangan Karhutla  RAPP - APR  di Festival Bagholek Godang Kampar
Personil FERT RAPP memberi penjelasan kepada murid dan pengunjung tentang pemanfaatan peralatan terbaru dalam upaya penanganan karhutla. 

BANGKINANG (RIAUSKY.COM)- PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) ikut ambil bagian dalam memeriahkan Festival Bagholek Godang Kampar yang dilaksanakan Sabtu-Jumat (6-12/8/2022).

Dan kehadiran Personil Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang biasa dikenal dengan nama Fire Emergency Response Team (FERT) RAPP menjadi salah satu yang menjadi daya tarik dan perhatian bagi pengunjung pada pameran yang dilaksanakan di Festival tersebut.

Selain itu, tentu saja, peralatan kerja yang digunakan untuk langkah pemadaman dan pemantauan kebakaran lahan ikut mencuri perhatian pengunjung. 

Personil FERT RAPP pun  dengan sigap menjelaskan ketangguhan personil di lapangan dan keunggulan peralatan yang digunakan di lapangan.

Drone Mavic Pro 2 terbaru, mesin Pemadam Kebakaran (Damkar) MK3 dan Niagara Plus 2 yang dipamerkan menjadi keunikan tersendiri bagi pengunjung. 

Petugas memberikan penjelasan terkait aktivitas pegolahan bahan baku kertas dan serat rayon  ramah lingkungan yang dilakukan PT RAPP.

Personil Fire Fighter RAPP, Ichwandri mengatakan, kebanyakan pengunjung datang karena rasa penasaran dan ingin melihat langsung dari dekat pesawat tanpa awak atau drone yang diterbangkan dengan kendali jarak jauh.

“Antusiasme pengunjung ke stand APRIL APR luar biasa tinggi, setiap hari kami mendapat kunjungan dari berbagai kalangan. Ada juga anak-anak sekolah yang datang bersama guru mereka. Pertanyaan yang sering muncul mengapa perusahaan penghasil kertas memerlukan tim pemadam kebakaran. Ini kesempatan bagi kami untuk menjelaskan pengelolaan hutan secara berkelanjutan yang dijalankan oleh APRIL Group,” tutur Ichwandri.

Tentunya ta hanya membahas tentang teknologi dan perangkat pendukung upaya penanggulangan karhutla, tim Fire Fighter yang bertugas di stand juga  mengedukasi pengunjung tentang bahaya membakar hutan dan lahan bagi lingkungan dan berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Pada festival ini, APRIL dan APR juga turut memajang hasil produksi berupa pulp, kertas dan viscose rayon. 

Di stand perusahaan penghasil pulp dan kertas terbesar ini pengunjung bisa mengetahui proses pembuatan pulp, kertas dan viscose rayon yang dihasilkan dari serat kayu akasia dan eukaliptus. 

Kayu tersebut diperoleh dari pohon yang ditanam oleh RAPP di hutan tanaman industri dan dikelola secara berkelanjutan. 

Contoh asli dari bibit akasia dan eukaliptus juga didatangkan dari nursery RAPP dan bisa dilihat langsung oleh pengunjung. 

Manajer Stakeholders Relations (SHR) RAPP wilayah Kampar, Andrisman menjelaskan  keikusertaan APRIL dan APR untuk memeriahkan Bagholek Godang Festival merupakan bentuk dukungan RAPP terhadap masyarakat dan pembangunan Kabupaten Kampar.

“Ini adalah wujud dukungan kepada pelestarian budaya di Kabupaten Kampar sekaligus memeriahkan semangat bulan kemerdekaan Republik Indonesia. Hal ini sejalan dengan filosofi 5C APRIL bahwa apa yang kami lakukan harus memberikan manfaat bagi masyarakat, negera, iklim, pelanggan dan perusahaan," jelas Andrisman.

Anak-anak sekolah yang berkunjung diajak bermain games berhadiah souvenir berupa sample kertas PaperOne yang boleh dibawa pulang.

Tak lengkap rasanya jika pengunjung keluar dengan tangan kosong, maka di stand APRIL-APR bisa membeli Madu Galo-Galo dari Gunung Sahilan, Kampar sebagai oleh-oleh. 

Madu Galo-Galo merupakan madu kelulut murni yang dihasilkan oleh Kelompok Tani Imbo Kampau yang merupakan mitra dampingan program Community Development RAPP di kabupaten Kampar.(*) 

Ikuti kami di