Riausky

Riausky.com

Bumkam dan Pemerintah Kampung di Siak Terima Bankeu Khusus dari Provinsi Riau

Bumkam dan Pemerintah Kampung di Siak Terima Bankeu  Khusus dari Provinsi Riau
Bumdes dan Pemerintah Kampung di Siak Terima Bankeu Khusus dari Pemprov Riau. 

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Bupati Siak Alfedri menyerahkan secara simbolis bantuan keuangan khusus dari Pemerintah Provinsi Riau kepada Kampung Se-kabupaten Siak. Acara berlangsung di Kelurahan Simpang Belutu, Kecamatan Kandis.

Tutut hadir dalam acara itu, Gubernur Riau Syamsuar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Provinsi Riau dan Kabupaten Siak, Kepala OPD se Kabupaten Siak, Camat dan Kepala Kampung Sekabupaten Siak.

Bupati Siak Alfedri mengucapan syukur karena di hari Jum’at yang mulia ini, masyarakat Kabupaten Siak khususnya masyarakat Kecamatan Kandis bisa bersilaturahmi bersama bapak Gubernur Provinsi Riau Syamsuar.

“Kami ucapkan selamat datang kepada pak Gubernur bersama rombongan di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, yang tidak asing karena merupakan Mantan Bupati Siak. Jadi pak Gubernur balik Kampung”, ucap Alfedri.

Selain itu, Alfedri juga mengucapkan terimakasih kepada pak Gubernur yang telah melaksanakan pasar murah, dan juga akan memberikan bantuan khusus kepada 122 Kampung se-Kabupaten Siak, termasuk untuk Badan Usaha Milik Kampung (Bumkam).

“Bantuan tersebut tentunya akan menjadi sumber pembiayaan pembangunan bagi Pemerintah Kampung, khususnya pembangunan ekonomi pasca Covid-19 beberapa tahun lalu. Dan juga sumber pembiayaan bagi Bumkam yang ada di Kampung”, kata Bupati Alfedri.

Untuk Bumkam yang ada di Kabupaten Siak, Alfedri menjelaskan ada beberapa kategori diantara 29 Bumkam dengan klarifikasi Dasar, 35 Bumkam Kategori Tumbuh, 31 Bumkam Kategori Berkembang, dan 27 Bumkam Kategori Maju.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan kehadirannya di kabupaten Siak dalam rangka melaksanakan beberapa agenda, yakni pembukaan Pospeda IX Provinsi Riau di Ponpes Jabal Nur, dilanjutkan dengan Operasi pasar, menyerahkan bantuan khusus bagi Kampung se-Kabupaten Siak termasuk Bumkam.

“Alhamdulillah, hari saya juga bersyukur bisa bersilaturahmi dengan masyarakat kabupaten Siak, khususnya masyarakat Kecamatan Kandis”, kata Syamsuar.

Bantuan keuangan Khusus ini, sambung Syamsuar, merupakan bantuan yang di berikan untuk memudahkan kepala Kampung dalam melaksanakan tugas dan Program yang sudah di agendakan.

“Kita ini satu garis, jadi apa yang menjadi program dari Pemerintah Pusat, juga menjadi program pemerintah daerah, pemerintah kecamatan hingga Pemerintah Kampung”, jelas Gubernur Riau tersebut.

Untuk memajukan Kampung butuh support, baik itu dari Pemerintah Kabupaten, maupun Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Jadi jika Kampung tersebut maju, maka Kabupaten juga akan maju, dan jika Kabupaten maju maka Provinsi juga akan maju.

“Untuk bantuan khusus ini, di Indonesia hanya ada di dua Provinsi, yakni Provinsi Riau dan juga Provinsi Jawa Tengah”, ucap Syamsuar.(R08)

Ikuti kami di