Riausky

Riausky.com

Bakal Dihadiri Pj Bupati Kampar, Komunitas Rumah Sunting Siap Gelar HPI di Pulau Belimbing 

Bakal Dihadiri Pj Bupati Kampar, Komunitas Rumah Sunting Siap Gelar HPI di Pulau Belimbing 
Masyarakat Dusun Pulau Belimbing, Desa Kuok, Kecamatan Kuok, Kampar saat rapat bersama komunitas Rumah Sunting  

KAMPAR (RIAUSKY.COM) - Masyarakat Dusun Pulau Belimbing, Desa Kuok, Kecamatan Kuok, Kampar, setuju dan mendukung rencana Perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) yang digagas Komunitas Seni Rumah Sunting di Kampar yang dilaksanakan di tempat ini, 9-11 September 2022. 

Hal ini terungkap saat rapat bersama tim Rumah Sunting dan tokoh masyarakat, Rabu (24/8/2022) di Dusun Pulau Belimbing. 

Hadir juga dalam pertemuan ini Ketua RW dan RT se-Pulau Belimbing, Kelompk Sadar Wisata (Pokdarwis), Komunitas Tune, Lawik Ombun, dan Ikatan Pemuda Pulau Belimbing II. 

Kunni yang datang bersama tim dari Pekanbaru, menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan yang akan dilaksanakannya, yakni panggung puisi dan seni serta bazar. 

"Rencana Perayaan HPI ini sudah kami sampaikan kepada kawan-kawan komunitas di Pulau Belimbing. Ada Komunitas Tune dan Pokdarwis. Mereka senang, tapi saya belum puas jika belum berbicara langsung dengan masyarakat secara lebih luas seperti malam ini, ada Kadus, RW, RT dan tokoh masyarakat. Kalau begini kita saling kenal, silaturrahmi lebih terjalin. Alhamdulillah, terima kasih kami diberi kesempatan hadir dan berbicara di forum ini," kata Kunni. 

Kunni pun menyampaikan bahwa Perayaan HPI akan dilaksanakan dengan basis ekonomi kreatif, yakni ada pertunjukan puisi dan seni lokal lainnya serta ada bazar. Bahkan ada Jelajah Alam Budaya serta  penanaman pohon. Maka tema pada kegiatan ini yaitu Puisi Maimbou Kobuo. 

Selain ikut rapat dan berbicara langsung dengan Kepala Dusun bersama tokoh masyarakat, Kunni juga akan datang bertemu Kepala Desa Kuok dan lima datuk yang ada di Kobuo Pulau Belimbing. Khusus untuk Datuk Majo Bosou, Kunni dan tim sudah bertemu dan sudah menyampaikan niat sebelum rapat ini dimulai. 

"Dari awal kami sudah sampaikan bahwa kami datang hanya dengan gagasan, ide semangat dan keringat. Kami ingin hadir merayakan puisi, tapi kami ingin seni di sini juga ditampilkan. Khususnya Sandiwara Amal yang membuat saya tertarik dan jatuh cinta dengan Pulau Belimbing. Mungkin karena memang kami seniman, cinta budaya dan kearifan lokal. Maka kami diskusi di awal ke sini kemarin, khususnya dengan Tune bagaimana di panggung ini juga ada bazar agar perekonomian bisa berputar. Alhamdulillah, Tune menyambut baik. Lalu kami sampaikan ke Pokdarwis, alhamdulillah disambut baik. Kalau bapak-bapak menerima kami dengan kondisi begini, kami lanjutkan. Jika tidak, kami tentu pulang. Kami ingin mendengar jawaban yang pasti dari bapak-bapak sekalian," kata Kunni panjang lebar. 

Kunni juga menyampaikan bahwa dia dan timnya sudah bertemu dengan bupati dan mengundang hadir dalam kegiatan ini. Selain Bupati, tim Rumah Sunting juga sudah bertemu dengan Dewan Kesenian Kampar (DKK) untuk berkolaborasi bersama dan disambut baik oleh David Hendra selaku Ketua DKK. 

"Insyaallah Bupati hadir Minggu pagi tanggal 11 saat acara penanaman pohon. Maka kita persiapkan acara sebaik mungkin, termasuk kebersihan kampung kito ko," harap Kunni. 

Rapat yang dipimpin oleh Kepala Dusun Pulau Belimbing, Padri, malam itu berlangsung akrab. Apalagi ketika Kepala Dusun atas nama masyarakat Dusun Pulau Belimbing menyatakan setuju dan mendukung kegiatan yang digagas Rumah Sunting. 

"Alhamdulillah, kami senang karena ada orang luar, kawan-kawan Rumah Sunting yang datang ke kampung kami dan membuat kegiatan yang menonjolkan ekonomi kerakyatan. Kami setuju dan mendukung kegiatan ini. Nanti kita atur bersama di mana lokasi panggung, lokasi bazar, lokasi penanaman, kemping dan homestay," kata Kadus. 

Malam itu juga ditentukan dan disepakati bahwa panggung akan dibuat di samping gedung MDA, bazar di sekitarnya, lokasi kemping dan penanaman pohon di Toluk Botiong atau di seberang lokasi panggung. Bahkan, kata Pak Kadus, dia akan mengumumkan rencana kegiatan ini di masjid dan akan gotong royong akbar sebelum kegiatan dilaksanakan. (*)

Ikuti kami di