Riausky

Riausky.com

Wabup Husni Dorong OPD Belanja APBD Melalui e-Katalog Lokal

Wabup Husni Dorong OPD Belanja APBD Melalui e-Katalog Lokal
Wakil Bupati Siak Husni Merza saat memperhatikan buku katalog. 

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Salah satu bentuk dukungan atas momentum pemulihan ekonomi di daerah, wakil bupati siak Husni Merza menghadiri acara apkasi procurement network (APN) di Hall A1 Jakarta Internasional Expo (JIEXPO), pada Rabu (24/8/2022).

Apkasi Procurement Network (APN) 2022 Expo dan Forum merupakan agenda tahunan Apkasi bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam menyukseskan gerakan nasional bangga buatan indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang/jasa.

Selain itu, APN 2022 juga bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah mengoptimalkan serapan anggaran belanja pengadaan barang/jasa produk UMKM dan koperasi.

Wakil Bupati Siak Husni Merza, saat di temui disela-sela acara mengatakan, keikutsertaannya dalam kegiatan ini, menambah pemahaman bagaimana kedepan Pemkab Siak membelanjakan APBD pada produk-produk yang terdaftar dalam e-katalog lokal.

“Pemerintah daerah diharapkan sebanyak mungkin memasukkan penyedia barang/ jasa dalam e-katalog lokal, dan OPD yang ada di kabupaten dapat belanja melalui e-katalog lokal dan ditargetkan sebanyak mungkin ditayangkan”, ujarnya.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza juga menambahkan bahwa dengan adanya belanja yang bersumber dari APBD melalui e-katalog lokal ini dapat meningkatkan sirkulasi ekonomi lokal, dan ditargetkan dapat menggerakkan ekonomi lokal.

Pemerintah Kabupaten Siak saat ini telah melakukan belanja melalui e-katalog lokal, sampai saat ini sudah tayang transaksinya 638 produk dari 23 penyedia barang/ jasa atau pelanggan usaha. Hal ini disampaikan kata Wabup Husni didampingi Kepala Bagian BPBJ Jon Efendi.

“Alhamdulillah, Siak sudah masuk dalam kategori di atas Rp500 juta hingga Rp1 Milyar, dan menargetkan hingga akhir tahun ini, dapat mencapai kategori diatas Rp1 Milyar. Bupati Siak terus menggesa agar OPD segera mendaftarkan mitranya dalam e-katalog lokal, dan setiap pembelanjaan melalui e-katalog lokal”, harapnya.

Acara yang dibuka secara resmi menteri dalam negeri Tito Karnavian ini ditandai pemukulan gong dan diikuti seluruh peserta Apkasi se- Indonesia.(R08)

Ikuti kami di