Riausky

Riausky.com

Korporasi Sungai Mandau Bertuah Terima Kunjungan Puluhan Peserta Pelatihan Balai Pertanian Riau

Korporasi Sungai Mandau Bertuah Terima Kunjungan Puluhan Peserta Pelatihan Balai Pertanian Riau
Ketua Korporasi Sungai Mandau Bertuah Basuki Rahmat, Penghulu Kampung Muara Kelantan Wan Alzukri SKom, Sekcam Sungai Mandau M Rasyid SPd foto bersama dengan peserta pelatihan penumbuhan dan penguatan korporasi petani se-Riau Balai Pertanian Riau, Kamis (2 

SUNGAI MANDAU (RIAUSKY.COM) - Korporasi petani Sungai Mandau Bertuah menerima kunjungan peserta pelatihan penumbuhan dan penguatan korporasi petani se-Riau Balai Pertanian Riau, Kamis (25/8/2022) lalu. 

Kunjungan Balai Pelatihan Pertanian Provinsi Riau dan Peserta pelatihan yang terdiri dari koordinator penyuluh pertanian, penyuluh pertanian, kasi pertanian, lurah/kepala desa ini disambut Ketua Korporasi Sungai Mandau Bertuah Basuki Rahmat, Penghulu Kampung Muara Kelantan Wan Alzukri SKom, Sekcam Sungai Mandau M Rasyid SPd, Kasi PMD Yaumil Azwan SH, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Siak Suwandi SP.

Tampak hadir Widyaiswara UPT Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Provinsi Riau Ir Amrizal MM, Kelompok Tani (Poktan), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), dan juga lembaga Tani lain yang ada di Kecamatan Sungai Mandau.

Ketua Korporasi Sungai Mandau Bertuah Basuki Rahmat SE menyampaikan profil korporasinya. Terbentuknya Korporasi Tani Sungai Mandau Bertuah ini karena adanya harapan besar yang dititipkan oleh petani, lembaga tani, maupun pemerintah setempat guna mendukung terbentuknya sistim pertanian yang baik, dari hulu hingga ke hilir.

"Sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan dan juga meningkatkan ekonomi petani. Disamping itu peserta juga dapat melihat kelengkapan administrasi di Sekretariat Korporasi Sungai Mandau Bertuah," katanya.

Pria yang akrab disapa Uki ini mengucapkan terimakasih kepada Tim Korporasi Provinsi Riau, dan seluruh peserta pelatihan penumbuhan dan penguatan korporasi dari delapan kabupaten/kota se-Riau yang telah berkunjung dan belajar bersama dengan pengurus Korporasi Sungai Mandau Nertuah, koordinator BPP dan PPL se-Kecamatan Sungai Mandau.

Selanjutnya peserta diajak ke saung pertemuan yang lokasinya berada tepat di tengah persawahan. Di sini peserta diajak untuk makan siang bersama dan setelah itu dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. 

Peserta sangat antusias bertanya kepada pengurus korporasi mengenai sejarah terbentuknya korporasi, bagaimana cara menyatukan lembaga tani sehingga terbentuk korporasi, bagaimana menjalin kemitraan, cara pengurusan legalitas, dan lainnya. (*)

Ikuti kami di