Riausky

Riausky.com

Sempat Viral, DLHK Pekanbaru Langsung Lakukan Pembersihan Sampah di TPS Liar Jalan Gulama

Sempat Viral, DLHK Pekanbaru Langsung Lakukan Pembersihan Sampah di TPS Liar Jalan Gulama
Pj Wali Kota Muflihun saat memantau sampah di TPS Liar di Jalan Gulama. 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Sempat viral setelah video instagram Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun memantau kondisitumpukan sampah di Jalan Gulama, Pekanbaru, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru langsung melakukan upaya pembersihan.

Tumpukan sampah di tempat buangan sampah liar yang diduga sudah lama dilakukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab tersebut langsung dilakukan pembersihan dengan cara ditimbun.

Selain itu, DPHK juga melakukan pamasangan spanduk larangan membuang sampah sembarangan kepada semua pihak.

Langkah tersebut dibenarkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi.

Hendra menjelaskan, mayoritas titik tumpukan sampah yang dibuang liar tersebut  sudah ditimbun. Proses penghijauan dan pemasangan spanduk pun dilakukan.

Hendra juga menyebut bahwa dalam tiga hari ini tim DLHK melakukan pembersihan terhadap titik tumpukan sampah. Mereka mengangkut sampah menumpuk di lokasi yang biasa menjadi TPS liar.

"Kita juga mengeruk tanah hitam sisa sampah, lalu kita lanjutkan sesuai arahan PJ wako agar ditimbun dengan lapisan tanah timbun," jelasnya, Senin (5/9).

Tim juga melakukan penanaman bibit pohon dan rumput sebagai penghijauan di kawasan itu. Mereka melanjutkan pembersihan di sejumlah titik.

Dirinya menyebut bahwa tim sudah melakukan pembersihan di beberapa kawasan. Mereka juga sudah menimbun lokasi bekas tumpukan TPS liar dengan tanah timbun.

Parahnya 300 meter dari lokasi ada titik pembuangan sampah baru. 
Pembersihan tumpukan sampah juga berlangsung di Jalan Gulama sekaligus penimbunan dan penghijauan di kawasan itu.

Ada juga pemasangan spanduk larangan membuang sampah. Spanduk itu juga memuat sanksi bagi oknum masyarakat yang nekat membuang sampah sembarangan.

"Satu pekan ke depan ada enam hingga tujuh titik tumpukan sampah, yang jadi perhatian masyarakat dilakukan langkah pembersihan, penimbunan tanah hingga penghijauan di bekas tumpukan sampah," jelasnya.

Pihaknya juga sudah berkordinasi dengan camat, lurah, polsek, koramil, babinsa dan bhabinkantibmas. Pemerintah kota juga sudah berkoordinasi dalam sinergi penanganan sampah dengan polres dan kodim. 

Sebelumnya, viral di media sosial istagram Pj Wali Kota Pekanbaru pada akhir pekan lalu melakukan inspeksi sampah di TPS liar Jalan Gulama Pekanbaru. 

Saat itu, tampak Muflihun menelpon salah seorang pejabat kota yang diuga adalah kepala DLHK Pekanbaru.

Muflihun tampak menegur pejabat tersebut dan meminta dilakukan upaya pembersihan sampah dan dilakukan pengawasan dengan melibatkan para pihak.

Muflihun memang concern dengan niatnya untuk menciptakan Pekanbaru bisa kembali meraih Adipura.(R06)

Ikuti kami di