Riausky

Riausky.com

Aprindo Minta Kemendag Konsisten Stabilkan Harga Minyak Goreng

Aprindo Minta Kemendag Konsisten Stabilkan Harga Minyak Goreng
Minyakita. 

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengharapkan Kementerian Perdagangan konsisten menstabilkan harga minyak goreng. Hal ini mengingat stabilnya harga komoditas tersebut sangat dinantikan oleh masyarakat. 

Sejauh ini Kemendag telah berhasil menjaga stabilitas harga minyak goreng curah. Jika harga sebelumnya mencapai Rp16.400 per liter, kini turun menjadi Rp14.000 per liter.

"Konsistensi ini yang justru perlu dijaga," kata Roy kepada RRI Pro 3, Selasa (27/9/2022). Baik untuk harga minyak goreng berkualitas premium maupun harga minyak goreng kemasan rakyat minyakita.  

Lebih jauh Roy mengungkapkan bahwa belum semua produsen memproduksi dan menyalurkan minyak goreng curah. Sehingga, pada saat terjadi kondisi tertentu, harganya bergejolak kembali. 

"Misalnya pada hari besar keagamaan nasional biasanya harga jadi tidak stabil," ujarnya. Ini karena baru sekitar 10 sampai 15 persen produsen yang memproduksi minyakita. 

Karena itu, Roy mengharapkan Kemendag membuat strategi agar seluruh produsen bisa patuh aturan. Tujuannya agar jangan sampai masyarakat mengeluhkan harga yang mahal. 

"Tentunya produksi minyakita yang notabene minyak curah ini perlu ditingkatkan lagi," ucapnya. Sehingga, konsistensi tetap terjaga dan harganya tetap terjangkau. (R04)

 

Sumber Berita: rri.co.id

Ikuti kami di