Riausky

Riausky.com

Konsolidasi penguatan Organisasi dan Program Kerja

LPM se Kecamatan Kulim Konsolidasi Pengurus dan Program Kerja Bersama DPD LPM Pekanbaru

LPM se Kecamatan Kulim Konsolidasi Pengurus dan Program Kerja  Bersama DPD LPM Pekanbaru
Jajaran LPM se Kecamatan Kulim foto bersama Ketua DPD LPM Pekanbaru Sarjoko dan Sekretaris Alizar.  

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pengurus LPM se Kecamatan Kulim melakukan silaturahim kepada DPD LPM Pekanbaru, Selasa (22/11/2022) siang.

Silaturahim tersebut membahas terkait rencana pelantikan kepengurusan baik di tingkat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) maupun LPM Kelurahan serta sejumlah agenda kegiatan dan kebijakan yang hendak dilaksanakan di wilayah tersebut.

Rombongan LPM se Kecamatan Kulim dipimpin langsung Ketua DPC Afrizal dan dihadiri lengkap seluruh lurah yang ada di Kecamatan baru hasil pemekaran Tenayan Raya ini.

Sementara itu,jajaran DPD LPM Pekanbaru turut menyambut, Ketua Sarjoko, Sekretaris Alizar serta jajaran  Wakil Ketua masing-masing Erna Juita, Herland Lembassy, Ketua Hendri Neldy, Pertanian Sofyan Sori, Hozy Mubarak.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD LPM Pekanbaru Sarjoko kembali menegaskan tentang pentingnya peran LPM dalam ikut membangun daerah.

Karena itulah, dia mengingatkan bahwa LPM tidak boleh memberatkan pemerintah maupun masyarakat, tapi harus hadir membantu pemerintah dalam membangun daerah, termasuk di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Penyerahan SK Kepengurusan salah satu kelurahan.

Dia mengapresiasi kehadiran lengkap jajaran LPMK maupun DPC se Kecamatan Kulim. Dia berharap seluruh pengurus dapat kompak dan bersinergi dalam mendukung kemajuan pembangunan di daerahnya, khususnya di Kulim yang merupakan daerah pemekaran.

Pada kesempatan tersebut sempat dibahas terkait rencana pengembangan program pemberdayaan di wilayah Kulim, di antaranya program di bidang pertanian maupun pengembangan lokasi kuliner.

Rencana tersebut mendapat respon positif dari DPD LPM Pekanbaru. ''Kita siap mendukung upaya kemandirian, karena itulah, kita siap untuk berkoordinasi kembali dengan pemerintah untuk peluang usaha yang bisa digarap untuk memberdayakan masyarakat setempat,''ungkap Sekretaris LPM Pekanbaru Alizar.

Pada kesempatan itu Alizar juga menjelaskan kalau saat ini, LPM Pekanbaru sudah mendapatkan izin untuk pengembangan usaha kuliner di 15 lokasi. Namun, tidak tertutup kemungkinan untuk pengembangan di daerah-daerah yang selama ini punya potensi namun belum terkelola.

Suasana silaturahim antara pengurus DPC dan LPMK Kulim dengan jajaran DPD LPM Pekanbaru.

Pada kesempatan tersebut, LPM di Kecamatan Kulim juga berkeinginan bisa terlibat dalam upaya pengangkutan sampah lingkungan, mengingat adanya beberapa peluang keterlibatan masyarakat dalam penangkutan sampah.

Untuk hal tersebut, DPD LPM mempersilakan LPM berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan untuk peran apa yang bisa dilakukan sehingga tidak berhimpitan dengan program pengelolaan sampah yang dikelola pemerintah melalui pihak ketiga.

Sementara terkait dengan rencana pelantikan pengurus, Sarjoko mempersilakan pengurus untuk bersinergi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan.

Namun, mengingat Kulim adalah kecamatan baru, DPD LPM Pekanbaru membuka peluang untuk pelantikan langsung di tengah masyarakat.

''Pelantikan bisa saja dilakukan di sini (Kantor Wali Kota,red), namun akan lebih baik bila dilaksanakan di tengah masyarakat, sehingga bisa melibatkan seluruh potensi yang ada di tengah masyarakat dan mendekatkan peran LPM khususnya di kelurahan dengan masyarakat,'' imbuh Alizar. (*)
 

 

Ikuti kami di