Riausky

Riausky.com

Polres Dumai Bedah Rumah Warga Tidak Mampu

Polres Dumai Bedah Rumah Warga Tidak Mampu
Peletakan batu pertama rumah warga tidak mampu, bernama Adnan (60) di Jalan Mesjid RT. 005 Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai, Sabtu (26/11/2022). 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto melakukan peletakan batu pertama rumah warga tidak mampu, bernama Adnan (60) di Jalan Mesjid RT. 005 Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai, Sabtu (26/11/2022).

Kegiatan ini merupakan launching program Berbagi Bersama Membangun Negeri (Berseri), yang dilakukan Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto.

Program ini diinisiasi langsung Nurhadi untuk menunjang program kepolisian yang sedang digelar serentak, bernama Quick Wins presisi Kapolri.

Nurhadi mengatakan, pogram ‘Berseri’ sendiri bertujuan untuk memeratakan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan gotong royong menggandeng semua pihak baik perorangan korporasi.

"Wujud program ‘Berseri’ ini adalah kegiatan merenovasi atau membedah rumah masyarakat yang tidak layak agar memiliki rumah tinggal yang layak huni," kata  AKBP Nurhadi.

Melalui program ‘Berseri’ ini, Polri kata Nurhadi ingin berperan aktif dalam membantu pengentasan kemiskinan masyarakat.

Karena itu, setelah kegiatan pertama ini, kedepannnya pihaknya menargetkan membangun dua sampai tiga rumah setiap bulannya.

"Ini merupakan upaya yang kami anggap strategis nasional dalam mewujudkan sistem ekonomi kerakyatan, keadilan sosial dan perlindungan HAM dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia masyarakat kita karena muaranya adalah kepada keamanan dan ketertiban masyarakat itu sendiri,” terang Nurhadi.

Untuk di kota Dumai, Nurhadi mengamati, masih banyak bangunan rumah yang tidak layak huni, masih banyak masyarakat miskin.

Sementara itu, di kota pelabuhan ini juga banyak korporasi dan beberapa pihak yang dinilai layak membantu.

"Ini perlu saya lakukan langkah konkrit supaya tidak menimbulkan ketimpangan ataupun kesenjangan sosial,” ujar Nurhadi.

Melihat kesenjangan itu, Nurhadi mengaku berharap warga yang kurang mampu bisa mendapatkan rumah huni yang layak dengan menginisiasi dan menjembatani korporasi ataupun perorangan agar memiliki kepedulian sosial dengan membentuk sebuah yayasan ‘Berbagi Bersama Membangun Negeri’.

Selain itu, pihaknya berharap melalui program Berseri ini menimbulkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

"Program ini dilaksanakan dengan ikhlas, semoga program ini terus berkelanjutan dan mampu merangkul lebih banyak pihak yang berpartisipasi dalam program kemanusiaan ini," Nurhadi.

Ketua RT 05 Pelintung Bustami mengapresiasi dan menyambut baik program 'Berseri' dengan menyampaikan terima kasih.

"Mewakili warga kami menyampaikan kepercayaan penuh terhadap Kepolisian polres Dumai dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat disini,” kata Bustami.

Selain melaksanakan launching program 'Berseri', Kapolres bersama Dandim Dumai, Sekretatis Daerah kota Dumai bersama tokoh masyarakat menyerahkan bantuan sembako kepada warga.(mc)

Ikuti kami di