Riausky

Riausky.com

Saka Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin Kwarcab Kota Pekanbaru Resmi Dilantik

Saka Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin Kwarcab Kota Pekanbaru Resmi Dilantik
 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Majelis Pembimbing, Pimpinan, Pamong dan Instruktur Satuan Karya Pramuka (Saka) Dirgantara  masa bhakti 2020 - 2025 resmi dilantik bersama dengan Saka Bhayangkara, Saka Widya Budaya Bhakti, Saka SAR dan Saka Tarunabumi pada Minggu (27/11/2022) di Perkantoran Walikota Pekanbaru Tenayan Raya.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru  Masykur Tarmizi, melantik Kadispotdirga Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Tek P. Siboro sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Satuan Karya Dirgantara  Roesmin Nurjadin dan Kasi Tahwildirga Dispotdirga  Letkol Kes R. Novita Sinaga, SKM sebagai Pimpinan Saka Dirgantara.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru,  Masykur dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada  seluruh Majelis Pembimbing Saka, Pimpinan Saka, Pamong Saka dan Instruktur Saka yang telah dilantik pada kesempatan ini.

"Semoga dengan pelantikan ini akan menambah energi yang positif sebagai insan pramuka dengan melaksanakan tugas yang mulia yang telah diberi amanah yaitu mengantar generasi muda kepada generasi yang lebih baik," ucapnya.

“Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok melaksanakan Pendidikan bagi kaum muda di lingkungan luar sekolah yang melingkupi lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.

Tujuannya guna  membentuk kader bangsa dan kader pembangunan yang beriman dan bertakwa serta perluasan ilmu pengetahuan dan teknologi, Gerakan pramuka harus mampu membentuk perilaku yang positif menguasai keterampilan dan kecakapan meliputi ketahananan mental, moral, spiritual emosional intelektual dan fisik yang baik.

''Satuan Karya adalah salah satu organisasi pendukung dari Gerakan Pramuka yang merupakan satuan organisasi bagi peserta didik untuk pembinaan peningkatan pengetahuan  dan keterampilan bidang tertentu serta melakukan kegiatan yang nyata sebagai pengabdian kepada masyarakat,” jelas kak Masykur.

Hal senada disampaikan oleh Mabisaka Dirgantara  Siboro dengan mengatakan bahwa Saka Dirgantara adalah wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kedirgantaraan guna menumbuhkan kesadaran untuk membaktikan dirinya dalam pembangunan nasional.

Satuan Karya ini membidangi bidang kedirgantaraan.

"Sebagai generasi muda harus mampu menjadi generasi penerus bangsa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi," Kata  Siboro.

Lebih lanjut dengan kegiatan pelantikan ini, Kak Siboro mengajak marilah sama-sama menjalankan tugas yang diberi amanah yang sangat mulia dengan membentuk generasi penerus , generasi yang berkarakter  serta menjadikan pemimpin dimasa datang yang sangat diharapkan.

“Ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua, artinya kita harus bersungguh-sungguh untuk membentuk generasi yang handal dimasa yang akan datang,  banyak teori  kepemimpinan untuk menjadi pemimpin yang handal tetapi prakteknya tidak mudah untuk dapat dilaksanakan," ungkapnya.  

"Kami sebagai pemimpin Saka Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin  sebagai contoh teladan  dimulai dengan   cara  kita bersikap, berbicara dengan apa yang kita sampaikan, menolong dan berdisiplin untuk menjadi contoh kepada adik adik kita nantinya," pungkas  Siboro.

Sementara, Pimpinan Saka Dirgantara Kak Novita menambahkan bahwa Saka Dirgantara  tetap aktif berlatih ditengah pandemi Covid-19, terhadap program yang telah disusun dan direncanakan sejauh ini  terlaksana dengan baik  hal ini merupakan kerjasama yang baik antara Pamong, Instruktur, Dewan Saka maupun  adik-adik Anggota  Saka Dirgantara khususnya Angkatan Tahun 2022.

“Dimasa yang akan datang kita mengajak Pamong, Instruktur dan Dewan Saka untuk terus bersemangat dalam melaksakanan Latihan sehingga disaat penutupan Latihan Saka Dirgantara bulan depan mereka mempunyai semangat untuk dapat membawa teman-temanya yang berada di Gugus Depan dapat bergabung di Saka Dirgantara Lanud Roesmin Nurjadin," Kata  Novita.

"Dari penampilan kegiatan setelah pelantikan, Anggota Saka Dirgantara terlihat tampil beda yaitu semangat kekompakan dengan harapan semangat ini dibawanya kekeluarga, sekolah sehingga mereka menjadi anak-anak yang dapat dibanggakan oleh keluarganya dan mendapatkan prestasi," ujarnya.

Pamong Saka Dirgantara Kak Yuliana Efendi yang merupakan Purna Saka Dirgantara Roesmin Nurjadin menyampaikan harapan bahwa setelah terlantiknya Mabi, Pimpinan, Pamong dan Instruktur Saka Dirgantara tentunya Anggota Saka Dirgantara akan lebih bersemangat lagi dalam mengikuti kegiatan saka untuk menggali potensi tentang ilmu kedirgantaraan.

“Saka Dirgantara Roesmin Nurjadin Kota Pekanbaru selalu mendapat dukungan dari Lanud Roesmin Nurjadin dengan kegiatan terdiri dari Kegiatan Paralayang, Aeromodeling, Pengenalan Pesawat F16 langsung di Skadron F-16, materi komunikasi ground to Air ground to ground yang dikemas secara menarik tentunya," tutup  yuli.(R06)

Ikuti kami di