Riausky

Riausky.com

Bupati Rezita Resmikan Balai Penyuluhan KB Lirik dan Pasir Penyu

Bupati Rezita Resmikan Balai Penyuluhan KB  Lirik dan  Pasir Penyu
 

RENGAT (RIAUSKY.COM) - Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi, SE Meresmikan Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Lirik dan Kecamatan Pasir Penyu, serta Mengukuhan Bapak dan Bunda Asuh Stunting Kab. Inhu, bertempat di Gedung Olahraga Desa Sukajadi Kecamatan Lirik, selasa (29/11/22).

Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Joni Maryanto, S.Pi, M.Si dalam sambutannya berharap Keberadaan Penyuluh KB di Kab. Inhu Diharapkan dapat membantu melancarkan program Pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) di Kab. Inhu, Selain itu keberadaan Balai Penyuluh KB diharapkan dapat menambah motivasi Dan semangat para Penyuluh KB untuk semakin giat melaksanakan tugas Dan pengabdiannya kepada masyarakat sehingga program Bangga Kencana dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Joni juga menyebutkan bahwa saat ini Kab. Inhu sudah memiliki 14 Balai Penyuluh KB yang tersebar di 14 kecamatan, dan diharapkan dengan adanya Penyuluh KB mampu bersinergi dan menunjukan dedikasi yang tinggi terhadap program bangga kecana di Kabupaten Indragiri Hulu.

Kepala BKKBN Provinsi Riau Dra. Mardalena Wati Yulia, M dalam sambutannya Mengapresiasi Bupati beserta jajaran yang selalu memberikan dukungan terhadap pelaksanaan program Bangga Kencana termasuk pengadaan sarana dan dalam rangka mensukseskan program tersebut, beliau juga menyebutkan bahwa sesuai dengan amanat  Pepres No. 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, Hasil survei status gizi Indonesia Kab. Inhu berada di angka 23,6% anak yang menderita stunting, dan tentu kita harus bersama melakukan penurunan stunting sesuai dengat Pepres yang mana pada tahun 2024 harus turun menjadi 14%, diharapkan dengan adanya koordinasi semua  lintas sektor angka stunting bisa kita turunkan.

Bersempena Dengan Peresmian Hari Ini, Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, SE mengukuhkan Bapak Asuh Dan Bunda Asuh Stunting Kab. Inhu Yang Ditandai Dengan Pemasangan Selempang Kepada Komandan Kodim 0302 Kab. Inhu dan perwakilan Pt. Tunggal Perkasa Plantation, Selaku Bapak Asuh Dan Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang Kodim 0302 Kab. Inhu, Selaku Bunda Asuh dan dilanjutkan dengan Pemotongan tumpeng oleh Bupati Kab. Inhu.

Rezita Meylani Yopi, SE dalam sambutanya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BKKBN Perwakilan Provinsi Riau dan Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kab. Inhu serta pihak ketiga, yang telah merealisasikan dan menyelesaikan pembangunan Balai Penyuluh Keluarga Berencana Di Kab. Inhu ini.

Dengan diresmikannya Balai Penyuluh KB Kecamatan Lirik Dan Pasir Penyu ini, lengkaplah sudah keberadaan Balai Penyuluh KB di 14 Kecamatan se Kab. Inhu, yang pembangunannya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) BOKB dari Pemerintah Pusat, sementara untuk lahannya disiapkan oleh Kab. Inhu.

Semoga, keberadaan Balai Penyuluh KB ini semakin memudahkan koordinasi dan sinkronisasi serta pelayanan keluarga berencana, dan yang paling penting, keberadaan balai penyuluh kb ini benar-benar termanfaatkan sebagai penunjang kinerja dan sarana serta mendukung keberhasilan Program Pembangunan Bangga Kencana Di Kab. Inhu, dimana salah satu upaya prioritasnya adalah percepatan penurunan stunting. Harap Rezita.

Rezita juga mengatakan Bahwa Stunting Merupakan Tanggung Jawab  Semua Sektor, Semua Elemen Dan Semua Stakeholder Bukan Hanya Pemerintah Daerah Tetapi Juga Swasta Dan Organisasi Masyarakat Yang Berkomitmen Terhadap Percepatan Penurunan Stunting Di Kabupaten Indragiri Hulu. Maka Dari Itu, Sejalan Dengan Diterbitkannya Surat Edaran Bupati Indragiri Hulu Nomor : 444/Dppkb-Ks/537 Tanggal 4 Agustus 2022 Tentang Permohonan Gerakan Orang Tua Asuh Keluarga Yang Beresiko Stunting, Maka Melalui Kesempatan Ini Saya Juga Ingin Mengajak Kepada Seluruh Perangkat Daerah Untuk Melakukan Upaya Yang Sama, Sehingga Apa Yang Menjadi Harapan Kita, Yakni Pada Tahun 2024 Tingkat Prevalensi Stunting Di Kab. Inhu Zero Atau Nol Persen Stunting, Dapat Kita Capai. Tutupnya.

Selanjutnya Bupati didampingi Kepala BKKBN Provinsi Riau Menyerahkan Bantuan Asupan gizi terhadap anak yang beresiko stunting dari Pemerintah Kab. Inhu dan PT. Tunggal Perkasa Plantations, Penyerahan BKB KIT Stunting Dan BKB KIT Siap Nikah, dan Kendaraan Operasional Balai Penyuluh KB, Dilanjutkan dengan Pengguntingan Pita Peresmian Balai Dan Penandatanganan Prasasti Balai oleh Bupati Inhu

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Perekomian dan Kesra H. Syahrudin, S.Sos, MT, Jajaran Forkopimda, Kepala OPD Kab. Inhu,Pimpinan BUMN, BUMD, Camat se-Kab.Inhu, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (R07)

Ikuti kami di