Riausky

Riausky.com

Diguyur Hujan Lebat, Udara Pekanbaru Masih Tidak Sehat

Diguyur Hujan Lebat, Udara Pekanbaru Masih Tidak Sehat
ISPU di Pekanbaru 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kota pekanbaru sudah beberapa hari ini di guyur hujan lebat, namun Indeks Status Pencemaran Udara (ISPU ) masih berada pada posisi TIDAK SEHAT.

Dari hasil pantauan tim riausky.com (23/9), di Labolatorium Badan Lingkungan Hidup yang berada di Kantor Walikota Pekanbaru, bahwa sepanjang bulan September ini hingga Selasa (22/9) status ISPU masih dinyatakan tidak sehat.

ISPU memiliki perhitungan parameter-parameter dasar untuk melakukan pengukuran dan periode waktu pengukuran yaitu, Pertikulat (PM10) pengukuran rata-rata 24 jam, Sulfur Dioksida (SO2) pengukuran rata-rata 24 jam, Carbon Monoksida (CO) pengukuran rata-rata 8 jam, Ozon (O3) pengukuran rata-rata 1 jam, dan Nitrogen Dioksida (NO2) pengukuran rata-rata 1 jam.

Pada tanggal, Selasa (22/9) bisa dijelaskan tingkat PM10 (Partikulat) mencapai  119, SO2 (Sulfur Dioksida) mencapai  37, CO (Carbon Monoksida) mencapai  17, O3 (Ozon) mencapai  94, NO2 (Nitrogen Dioksida) mencapai 20.

Asep (32) Selaku staf pada Lab ISPU di Kantor Wali Kota Pekanbaru menjelaskan data ISPU ini akan diupdate setiap hari statusnya pada pukul 15:00 WIB, dan untuk hari ini bisa kita liat nanti hasil terbarunya setelah pukul 15:00 wib hari ini.

Dengan Point 119 dan Parameter PM10 yang tinggi maka indeks status pencemaran udara kota pekanbaru ini masih dinyatakan tidak sehat oleh pihak badan lingkungan hidup.
Sementara itu menurut pantauan BMKG Pekanbaru, hujan diperkirakan masih akan terus turun mengguyur kota pekanbaru dengan insentisas rendah.

Hingga hari Jumat (25/9) hujan masih akan di perkirakan akan terus turun mengguyur kota bertuah ini, dengan kemungkinan intensitas dari rendah hingga hujan lebat.

Menurut Selamet selaku Kepala Informasi BMKG Kota Pekanbaru menjelaskan kepada riausky.com, Rabu (23/9),  wilayah Riau masih akan memiliki peluang hujan dengan rentang waktu antara sore sampai dengan malam hari, dengan intensitas rendah, sedang, bahkan lebat.

Daerah yang berpotensi hujan adalah Rohil, Rohul, Dumai, Bengkalis, Siak, Pekanbaru, Kampar, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, dan Kepulauan Meranti. (R05)

Ikuti kami di