Besok Pembagian Rapor, SMPN 1 Selatbaru-Bengkalis Gelar Khatam Quran

Jumat,08 Juni 2018 | 16:44:24 WIB

Besok Pembagian Rapor, SMPN 1 Selatbaru-Bengkalis Gelar Khatam Quran
Ket Foto :

BANTAN (RIAUSKY.COM) - Sebelum membagikan rapor penutup tahun ajaran 2017/2018 kepada siswa-siswi, Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Selatbaru bersama majelis guru menggelar khatam Qur’an sekaligus tausyiah agama.

“Khatam ini kami lakukan sebelum pembagian rapor, kami sudah tadarus kurang lebih 10 hari dan Alhamdulillah 2 hari yang lewat kita sudah mengkhatamkan Al Qur'an dan hari ini kita melaksanakan khatam,” ungkap Kepala Sekolah SMP N 1 Selatbaru, Ir Hj Sulastri, usai acara.

Kegiatan ini digelar di aula SMP N 1 Bengkalis, Jum’at pagi, 8 Juni 2018, diikuti siswa-siswi kelas 7 dan 8 dan menghadirkan Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Kabupaten Bengkalis, Muhammad Ashubli yang mengisi tausyiah agama.

“Kegiatan tadarus dan khatam seperti ini bukan cuma kami laksanakan di bulan Ramadhan saja, di luar Ramadhan, program tadarus juga kami lakukan setiap Jum’at pagi, sedangkan khatamannya kami lakasanakan saat perpisahan kelas 6,” jelas istri dari Kepala Bapenda, H Imam Hakim itu.

Hj Sulastri mengutarakan, bersama majelis guru, Dia menginginkan agar anak didiknya bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar meski mengenyam pendidikan di sekolah umum.

“Kami punya cita-cita agar anak didik kami, walau sekolah di sekolah umum, pemahaman agamanya tidak jauh berbeda dengan mereka yang sekolah di sekolah agama.  Yang beragama islam, semua harus bisa baca Al Qur an. Jadi kami memacu mereka dengan membuat kelompok sesuai dengan kebisaan mereka, seperti yang baru belajar iqro’ dengan yang baru belajar iqro’ begitu seterusnya,” jelas istri dari Kepala Bapenda, H Imam Hakim itu.

Sedangkan Ustadz Ashubli dalam tausyiahnya menyampaikan, kemulian Al Qur’an akan dirasakan oleh orang-orang yang membaca dan mengamalkannya.

“14 abad yang lalu sahabat pernah di kumpulkan Rasulullah, sahabat bertanya apakah amalan yang dilakukan di dunia akan kami kerjakan juga di akhirat, Rasulullah menjawab yakni membaca Al Qur’an. Untuk itu adik-adik sekalian mari kita hiasi hari-hari kita dengan membaca Al Qur’an agar di akhirat kelak Al Qur’an menjadi cahaya kita,” papar ustadz yang juga salah satu Ketua Prodi di STIE Syariah Bengkalis itu.

Kegiatan yang dipusatkan di sekolah yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman, Desa Selat Baru ini juga dihadiri Kepala Bapenda Bengkalis, H Imam Hakim. (R14)