Bupati Rohul Ingatkan Petani Tidak Alihfungsikan Lahan Pertanian

Selasa,12 Maret 2019 | 16:53:19 WIB

Bupati Rohul Ingatkan Petani Tidak Alihfungsikan  Lahan Pertanian
Ket Foto : Bupati Sukiman Panen bersama jagung di Desa Suka Maju, Kecamatan Tambusai.

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Petani di Rokan Hulu diharapkan untuk tetap konsentrasi melaksanakan kegiatan pertaniannya dalam rangka untuk memenuhi keberadaan pangan bagi masyarakat di Rokan Hulu.

Petani juga diingatkan untuk tidak mengalih fungsikan lahan pertaniannya ke lahan perkebunan. Karena, akan dapat memperkecil produksi pertanian dimasa mendatang khususnya komoditi padi.

Penjelasan itu disampaikan Bupati Rokan Hulu dihadapan para petani di Rokan Hulu (12/03) seiring dengan masih luasnya jumlah alih fungsi lahan pertanian di Rokan Hulu hingga tahun Januari 2019 mencapai 800 heaktare.

"Alih fungsi lahan pertanian ke lahan perkebunan, akan berpengaruh besar kepada sulitnya air irigasi mencapai sasaran ke lahan pertanian yang lain. Nanti, masyarakat yang susah cari beras di Rokan Hulu. Akibat mengecilnya luas lahan pertanian." Papar Sukiman mengingatkan.

Pemerintah saat ini, sudah memberikan kemudahan bagi petani untuk tetap berusaha pada bidang pertanian. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya bantuan pertanian yang disalurkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pertanian kepada masyarakat petani, seperti bantuan handtraktor dan pestisida.

Oleh karena itu Papar Bupati Rokan Hulu Sukiman, masyarakat petani mesti berpikir maju, untuk tidak mengalih fungsikan lahan pertanian ke lahan perkebunan. Karena ini menyangkut hidup masyarakat dalam memenuhi ketersediaan pangan khususnya di Rokan Hulu. (Advetorial Pemda Rohul)