Kemenag: Jika April SK Penetapan Embarkasi Antara Tidak Keluar, Pupus Harapan

Senin,15 April 2019 | 18:19:20 WIB

Kemenag: Jika April SK Penetapan Embarkasi Antara Tidak Keluar, Pupus Harapan
Ket Foto : Embarkasi haji antara

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kementerian Agama Provinsi Riau mengakui kalau penantian kepastian Provinsi Riau untuk mendapatkan SK Penetapan sebagai Embarkasi Antara dari Menteri Agana RI sudah cukup lama atau terlambat. 

Kalau hingga akhir April 2019 ini tidak juga keluar atau turun, pupuslah harapan Riau memiliki Embarkasi Antara di tahin 2019.

Kepastian ini disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Riau melalui Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Riau, Erizon Efendi, Senin (15/04).

Menurutnya, dalam penetapan SK Embarkasi Haji Antara itu adalah melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) RI. Saat ini segala berkas milik Provinsi Riau sudah di meja menteri, tinggal ditandatangani.

"Hanya saja dalam penetapan KMA ini harus dilakukan secara kolektif bersama daerah lain yang sama-sama mengajukan hal yang sama. Berdasarkan informasi terakhir, dari Lampung ada berkas yang belum lengkap, jadi menunggu itu. Saya rasa dalam minggu ini sudah akan turun SK Embarkasi Antara Riau ini," jelasnya lagi yakin.

Lebih jauh disampaikan, April ini tidak juga keluar akan 'menyulitkan' dalam persiapan pelaksanaan rentetan haji yang dilakukan. Karena perlu waktu juga dalam pelelangan kegiatan mendapatkan pesawat, konsumsi jamaah dan lainnya. 

"Kita sudah kuatir juga dengan masalah ini. Karena masih ada persiapan kontrak-kontrak setelah ini yang memerlukan waktu juga. Sementara calon jamaah sudah masuk asrama kloter pertama itu awal Juli," pungkasnya. (R06/Mcr)