Banyak yang Penasaran, Ternyata Ini 'Orang Besar' di Belakang 'Menteri Kuat' Rini Soemarno

Rabu,04 September 2019 | 22:25:01 WIB

Banyak yang Penasaran, Ternyata Ini 'Orang Besar' di Belakang 'Menteri Kuat' Rini Soemarno
Ket Foto : Menteri BUMN Rini Soemarno

RIAUSKY.COM - Menteri BUMN Rini Soemarno berani merombak sejumlah jajaran direksi BUMN lantaran dibekingi oleh Presiden Joko Widodo sendiri.

Demikian disampaikan pengamat politik dari lembaga survei Kedai Kopi, Hendri Satrio mengomentari pergantian direksi BRI oleh Rini.

Padahal seperti diketahui, Jokowi sudah mewanti-wanti para menteri agar jangan merombak jajaran strategis di bawahnya hingga pelantikan Presiden dan Wapres terpilih pada 20 Oktober.
 
"Pak Jokowi lah bekinganya. Aman jadi dia. Marilah kita tanya Pak Jokowi, kenapa Ibu Rini yang sudah digoyang sedemikian hebat oleh PDIP tetap berada di tatanan menteri-menterinya dia," ucap Hendri di sela-sela diskusi, di Hotel Sofyan, Jakarta Pusat, Selasa (4/9).

Hendri menerangkan anggapan buruk terhadap Rini mampu diredam, bahkan DPR lewat Pansus Pelindo meminta Jokowi memecat Rini tidak dijalankan. Hal ini menandakan Jokowi orang yang selama ini membekingi Rini. Padahal dari segi kinerja, Rini memang belum menunjukkan legacy.

"Kata siapa, baik dan tidak baik dari posisi Rini saat ini buktinya dia tidak kena reshuffle, jadi artinya baik di mata Jokowi," katanya.

Rini, lanjut Hendri, memiliki kegiatan yang punya program-program yang luar biasa menurut dia sendiri. Sehingga menurutnya, tidak ada masalah mengenai pemecatan direksi BUMN.

"Tapi saya tetap percaya bahwa program-program ini sudah diketahui sudah dilaporkAn oleh Presiden, kenapa? Kalau Bu Rini ini kan termasuk salah satu menteri yang kuat sekali di kabinet Pak Jokowi, buktinya PDIP sebagai partai pengusung Jokowi pun enggak sanggup untuk melengserkan Rini," tandasnya.

Anggota Komisi III DPR dari PKS Nasir Djamil sebelumnya menduga, ada orang besar di belakang Rini, karena dia terlihat sangat kuat di jajaran kebinet. (R02)

Sumber: Kantor Berita Politik RMOL.id